Breaking News

Fajarman: Stunting 2022 Fokus ke Pencegahan, Sekda Pimpin Rapat Persiapan Aksi Konvergensi

 



Merangin, Figurnews.com-Penanganan stunting pada 2022 tidak lagi penanggulangan seperti yang dilakukan pada 2021, tapi sudah fokus ke pencegahan dan kewaspadaan. Sebab Pemkab Merangin telah berhasil menurunkan angka stunting tersebut.

Hal ini ditegaskan Sekda Merangin Fajaraman, saat memimpin jalannya rapat pembahasan persiapan pelaksanaan aksi konvergensi stunting 2022, di Ruang MPC Bappeda Merangin, Kamis (23/12).

‘’Jadi sejak ditetapkan sebagai lokus penurunan stunting 2020, tim percepatan penurunan stunting Merangin, bekerja ekstra lewat aksi-aksinya, sehingga Merangin meraih peringkat pertama penurunan stunting 2020 di Provinsi Jambi,’’ujar Sekda.

Pada rapat yang diikuti kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait tersebut, dibahas persiapan-persiapan pelaksanaan aksi konvergensi stunting 2022. Pertama terkait struktur Tim Koordinasi Percepatan Penurunan Sunting Merangin 2022.

Untuk struktur tim itu, meskipun dalam Perpres nomor 72 tahun 2021 dibunyikan jabatan ketua tim Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, tapi semua peserta rapat tetap menginginkan ketua tim Kepala Bappeda Merangin.

Hal ini menimbang karena sistem  kegiatan penurunan sunting yang dilakukan, sudah berjalan sebagaimana mestinya. Dikhawatirkan bila terjadi perubahan ketua, akan mempengaruhi sistem yang sudah terbentuk, apalagi sudah meraih prestasi.

Kendati demikian, untuk sementara Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Merangin mendampingi sebagai wakil ketua satu tim percepatan penurunan stunting Merangin 2022. Wakil ketua dua Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Wakil ketua tiga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Merangin.

Untuk posisi sektretaris tim percepatan penurunan stunting Merangin 2022, dijabat Kepala Dinas Kesehataan Merangin. Anggotanya  sejumlah kepala OPD terkait di jajaran Pemkab Merangin.  

Rapat yang berlangsung setengah hari penuh itu, menyepakati RKT tahapan aksi konvergensi stunting 2022 dan membuat jadwal rapat per aksi kegitan serta kesepakatan lainnya.

Menariknya, meskipun publikasi sebagai pengukur keberhasilan pelaksanaan aksi konvergensi stunting itu tidak dianggarkan, namun Dinas Kominfo Merangin tetap melakukan publikasi ke media massa sebagai penyebaran informasi stunting Kabupaten Merangin.

( Umar Khatab )

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre