Breaking News

DINAS P2KBP3A PASBAR LAYANI KB MEDIS OPERASI WANITA SEBANYAK 17 ORANG DI YARSI


PASBAR, FIGURNEWS.COM

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melalui Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi telah berhasil menjalankan program kerja selama  tahun 2021. 

dr Hj Anna Rahmadi

Kepala Dinas P2KBP3A dr Hj Anna Rahmadia melalui Kepala Bidang KB dan Kesehatan Reproduksi  Yusnirwana  S. Tr.Keb mengatakan bahwa program kerja atau bakti sosial sudah berhasil dilakukan seperti Medis Operasi Wanita (MOW) yang bekerja sama dengan RS Ibnu Sina Yarsi Simpang Empat pada 11-12 September. Sasarannya sebanyak 17 orang dari Sasak 7 orang, Guntul 10 orang.

“Bakti sosial ini kami lakukan dalam rangka mengatur kalahiran dalam keluarga,”katanya.

Ia menambahkan, MOW  merupakan salah satu cara kontrasepsi diikuti dengan tindakan pembedahan pada saluran telur wanita. Tubektomi merupakan tindakan medis berupa penutupan tuba uterine dengan penutupan tuba uterine dengan maksud tertentu untuk tidak mendapatkan keturunan dalam jangka panjang.

“Tubektomi ialah tindakan yang dilakukan pada kedua tuba falloppi wanita yang mengakibatkan seseorang tidak dapat hamil atau tidak menyebabkan kehamilan lagi,”ujarnya.

Yusnirwana  S. Tr.Keb 

Secara umum, lanjutnya MOW atau tubektomi adalah menghambat perjalanan sel telur peerempuan agar tidak dibuahi sperma. Semakin banyaknya wanita menggunakan kontrasepsi ini tentu saja diiringi dengan berbagai pertimbangan. Pertimbangan tersebut tentu saja dilandasi oleh kelebihan yang ada pada proses tubektomi. 

Seperti sangat efektif, tidak mempengaruhi proses  menyusui (breastfeeding), tidak menghambat hubungan suami istri, satu kali tindakan, berlaku untuk selamanya( masa reproduksi), pembedahan sederhana,dapat dilakukan anastesi local, tidak ada efek samping dalam jangka panjang, tidak ada perubahan dalam fungsi seksual.


(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre