Breaking News

Demi Laba Rp5 ribu, Warga Desa Sidomakmur Ini Dorong Gerobak Sejauh 5 Kilometer

Foto: Warga Desa Sidomakmur dengan Gerobak Dorong hendak menewarkan keladi ke salah satu kantor di Desa Sipora Jaya. Senin, (29/11/2021).

MENTAWAI. FN- Banyak cara dilakukan untuk memperoleh uang. Salah satunya yang dilakukan kakek ini. SE, Kakek berusia kurang lebih 80 tahun ini, mesti mendorong gerobak sejauh 5 kilometer. Jarak tempuh tersebut menjadi kebiasaan bagi dia untuk berjualan. 

Ia merupakan warga desa Sidomakmur, kecamatan Sipora utara, kabupaten Kepulauan Mentawai. Pekerjaan itu telah lama ia lakoni untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dirumah.

Satu ikat keladi dijual Rp15 ribu. Dari harga itu ia memperoleh keuntungan Rp5 ribu. Dalam sehari atau trip jualan, ia dapat menjual hingga 25 ikat keladi. 

"Kita hanya menjual hasil tani orang, dari hasil penjualan itu saya peroleh untung," ungkapnya saat ngobrol santai dengan awak media di desa Sipora Jaya, kecamatan sipora utara. Senin, (29/11/2021).

Menurutnya, Keladi Mentawai oleh pembeli sudah menjadi kebutuhan dan tambahan makanan sehari-hari. Pasalnya nenek monyang masyarakat asli Mentawai telah mengkonsumi sejak dulu. Penjualan dilakukan hingga ke kantor dan ke sekolah di desa tempat ia berjualan.

"Saya berangkat jualan pagi pukul 06.00 WIB dari rumah, kalau jualan habis, baru kita cepat pulang, jarak paling jauh bisa sampai ke desa Bukit Pamewa," tambah Kakek itu. 

SE adalah satu dari 4 penjual lain dari tempat ia tinggal. Tentu memiliki wilayah jualan yang berbeda. Khususnya di wilayah 5 desa kecamatan Sipora utara. 

Keladi sendiri ia jual berupa keladi mentah. "Kita hanya menjual keladi mentah, kita tidak sempat mengolah menjadi kripik," terangnya.

Keterbatasan kendaraan dirumahnya menjadi alasan untuk dia mesti menjual keladi menggunakan gerobak dorong. Mesti termasuk kelompok lanjut usia (lansia) kakek itu masih mampu untuk mengendarai motor. 

"Saya jualan dua kali dalam seminggu, biasanya hari senin dan rabu," tutup kakek itu. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre