Breaking News

Dandim Sarko Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021

 


Merangin, Figurnews.com- Merangin Jambi,-Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, S.A.P., Han hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021 di halaman apel Polres Merangin, Kamis (23/12/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda atau yang mewakili, Dandim 0420/Sarko, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin Drg. Sony Propesma, M.Ph., Kadishub Kabupaten Merangin Syafrani dan tamu undangan lainnya.

Bertindak sebagai pimpinan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021 Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnawaman, S.I.K. dan pasukan upacara terdiri dari Kodim 0420/Sarko, Polres Merangin, Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD dan Dinas Kesehatan.

Kegiatan ini mengambil tema Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021 Kita Tingkatkan Sinergi Polri Denngan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberi Rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnawaman membacakan amanat dari Kapolri yang intinya bahwa Operasi Lilin 2021 yang diselenggarakan oleh Polri ini adalah Operasi terpusat dan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan.

"Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2021 dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra Kamtibmas lainnya," kata Kapolres Merangin.


Kapolres mengatakan bahwa Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian.

Peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin-2021 yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022.

"Dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional, Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman," lanjut Kapolres Merangin.

Adapun beberapa penekanan Kapolri adalah 

1. Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

2. Lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipas sedini mungkin untuk mencegah aksiy yang meresahkan masyarakat.

3. Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2021 dan perayaan tahun baru 2022.

4. Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system,

5. Laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas,

6. Mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi,

7. Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19.

( Umar Khatab )

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre