Breaking News

Bupati Kampar Buka Seminar Nasional Pengusulan Mahmud Marzuki Sebagai Calon Pahlawan Nasional.

 


Bangkinang, Figurnews.com-- Bupati Kampar diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs. Yusri, M.Si membuka secara resmi Seminar Nasional pengusulan Mahmud Marzuki sebagai calon Pahlawan Nasional Kabupaten Kampar Provinsi Riau tahun 2022 yang dilaksanakan di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar, Kamis (23/12/2021).

Seminar ini dihadiri Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan, dan Restorasi Sosial (K2KRS) Kementerian Sosial Republik Indonesia Dra. Muhardjani MP., Anggota DPR-RI komisi V Syahrul Aidi Maazat, Guru besar Kesejarahan Universitas Indonesia Prof. DR. Susanto Zuhdi, M, Hum, Kepala Dinas Sosial Prov Riau, Beberapa Kepala OPD Kabupaten Kampar, Ketua TP2GD Kampar Prof Yusri Munaf,  Mantan Bupati Kampar Periode 2006-2011 yang lalu Burhanuddin Husin, MM, Forkopimda Kabupaten Kampar, Anggota TP2GD, tokoh agama dan tokoh masyarakat. 

Dalam arahannya Bupati Kampar yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs. Yusri, M, Si mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar melalui Dinas sosial dan Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kabupaten Kampar, kembali mendalami perjuangan salah satu tokoh yang berasal dari Kabupaten Kampar yakni Mahmud Marzuki. 

Selain itu Yusri juga menyampaikan Pemerintah daerah tentu saja sangat mendorong penuh pencalonan Mahmud Marzuki sebagai Pahlawan Nasional, melalui seminar ini kita dapat lebih dalam mengenal dan mendalami perjuangan Mahmud Marzuki dalam Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam kesempatan itu juga Yusri berharap yang hadir dalam seminar ini dapat mengapresiasi, mengilhami, dan menghargai perjuangan Mahmud Marzuki, sehingga beliau disetarakan dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia lainnya. 

Yusri juga sampaikan,  jauh sebelum kemerdekaan, Mahmud Marzuki dan kawan-kawan merupakan Tokoh Pergerakan Perjuangan Kemerdekaan di Wilayah Kampar, Riau, Sumatera Tengah. Perjuangan beliau dalam mengobarkan semangat juang dan taktik gerilya, masih terus diingat. Selain itu, ketokohan Mahmud Marzuki sebagai seorang pemuda yang kharismatik dan seorang orator pemberani, telah membuat namanya terkenal di tengah masyarakat Limo Koto Kampar dan Sumatera Barat, bahkan hampir di seluruh Provinsi Sumatera Tengah. 

Selanjutnya Yusri juga mengatakan semangat perjuangan yang dikobarkan oleh Mahmud Marzuki juga meliputi aspek kemasyarakatan dan Pendidikan, dimana pada Tahun 1943, Mahmud Marzuki mendirikan sebuah perguruan yang diberi nama Mu'allimin Muhammadiyah Bangkinang, yang dibangun dengan infag shadagah masyarakat lima Koto. 

Sementara itu Ketua TP2GD Kabupaten Kampar Prof Yusri Munaf menyampaikan bahwa melalui seminar ini semoga Mahmud Marzuki yang masih dalam proses pengusulan agar segera terwujud  sebagai Pahlawan Nasional, mari kita semua mendukung penuh, berdoa dan ikhtiar agar nantinya beliau bisa menjadi Pahlawan Nasional. 

Sementara itu  Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan, dan Restorasi Sosial (K2KRS) Kementerian Sosial Republik Indonesia Dra. Muhardjani MP dalam sambutannya mengungkapkan syarat untuk dipenuhi seorang tokoh untuk disematkan sebagai pahlawan nasional adalah bukti historis melalu akademis, bukti sejarah, sangat dikenal masyarakat Kabupaten Kampar, dan yang paling penting adalah jejak rekam sejarah dan karya besar yang telah ditorehkan Calon Pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Selanjutnya d Muhardjani juga sampaikan bahwa tim Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan, dan Restorasi Sosial (K2KRS) Kementerian Sosial Republik Indonesia adalah tim yang memberikan rekomendasi kepada Presiden Republik Indonesia untuk Pengusulan seorang tokoh sebagai calon-calon pahlawan nasional, ia juga mengatakan bahwa Mahmud Marzuki pernah juga diusulkan menjadi pahlawan nasional pada tahun 2018 lalu. 

Adapun peserta seminar berasal dari tokoh nasional, saksi sejarah, TP2GD Provinsi Riau, Tokoh Muhammadiyah, TP2GD Kabupaten Kampar, Kepala OPD, Forkopimda Kampar, tokoh masyarakat dan tokoh adat. 

Dalam seminar ini sebagai moderator Dr.Khairil Anwar dan yang menjadi Narasumber yakni Direktur K2KRS Dra. Muhardjani,MP, Sejarawan Nasional ( Guru Besar Sejarah UI) Prof Dr. Susanto Zuhri dan Noor Fatia Lastika Sari, S.Hum, M.Hum. (Adv/Adi Jondri)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre