Breaking News

Bupati Cek Endra Bawa Kepala OPD Kunker ke Daerah Terisolir Sialang Batuah


Sarolangun, Figurnews.com- Bupati Sarolangun Cek Endra membawa para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengunjungi Dusun Sialang Batuah Desa Guruh Baru dalam rangka kunjungan kerja (Kunker) akhir tahun, Senin (6/12) sekaligus menghadiri syukuran masyarakat setempat yang telah mendapat izin perhutanan sosial dari KLHK.

Pantauan media ini, hadir dalam kunker ini Wabup Hillalatil  Badri,  anggota DPRD Sarolangun Cik Marleni, Asisten II Deshendri, Kadis Dikbud Helmi, Muhammad Idrus Kadis Kominfo, Kadis PMD Mulyadi, Kadis Kannak Dulmuin. 

Berikutnya Kadishub Syahruddin, Kadis Ketahanan Pangan Masturo Hardi, Kepala BAPPEDA H. Muhammad,  H. Judin Kadis Sosial, Dedi Hendri Kadis TPHP, Riduan Kadis Capil, Zaidan Ketua Baznas, Kurniawan Kadis LH, Dr. Irwan Mizwar Kadis Kesehatan, Arif Hamdani Kadis PU, Kadis Perkim Tarmizi, Murtoyo Kabag Umum, Camat Mandiangin Timur Drs. Jarir dan para kepala desa beserta Ustadz Rois Amin. 

Dusun Sialang Batuah adalah daerah terisolir yang mayoritas penduduknya pendatang dengan kehidupan sehari-harinya bercocok-tanam di kawasan hutan produksi. Pemerintah Kabupaten Sarolangun selama ini telah membangun infrastruktur jalan, sarana pendidikan, fasilitas kesehatan masyarakat dan bantuan sosial untuk kehidupan yang layak bagi masyarakat Sialang Batuah. 

Dalam kunjungan ini Bupati Cek Endra memberikan penghargaan kepada guru dan tenaga medis yang mana selama ini telah berjuang dan mengabdi di Kecamatan yang baru dimekarkan Ini. 

Bupati sempat bercerita mengenang masa awalnya dusun Sialang Batuah dibuka dan digarap oleh pendatang dari luar, dimana pembangunan dan fasilitas masih minim dan tenaga guru sekolah sangat kurang, namun ada seorang guru yang secara suka rela mengajar disini. Bupati Cek Endra telah membantunya dengan mengangkat Sugiono sebagai pegawai honor yang digaji dari pemerintah. 

"Dulu ada pak sugiono mengabdi sebagai guru matematika di desa ini, sepuluh tahun tidak digaji,  sekarang sudah kita angkat menjadi guru honor," ungkap Bupati. 

Dengan telah dibangunnya sarana dan prasarana fasilitas penunjang, Bupati menyebut hari ini dan ke depannya tugas pemerintah untuk membangun kemanusiaan. 

"Saya ingat, kendaraan roda empat yang pertama masuk kesini adalah mobil saya. Kita hari ini membangun martabat manusia," ucap Bupati yang sejak dulu memastikan tidak akan mengusir warga yang tinggal di hutan kawasan, menurutnya itu adalah hak warga negara yang dijamin oleh negara, ini terbukti dengan adanya perhutanan sosial yang mana Sarolangun salah satu kabupaten yang menjadi motornya. 

"Ini lah amanah undang undang, menjamin warga negara memperoleh hak atas tanah. Saya tahu dulu masyarakat membuka lahan disini, gelisah dikejar-kekar aparat hukum, sekarang sudah legal, anggap lah ini dusun sendiri, cintai lah kampung ini, cintai lah Sarolangun ini," harap Bupati Cek Endra seraya menyebut dalam waktu dekat akan menyelesaikan perhutanan sosial Dam Siambang.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kabupaten Sarolangun telah banyak membangun, fasilitas sekolahan SMP terpadu dan juga Puskesmas Desa (Puskesdes). Terutama infrastruktur jalan. 

Bupati menyebut tahun depan (2022) Pemkab Sarolangun akan membangun jembatan Sri Bado Muara Ketalo dan berharap dapat terus dilanjutkan karena disini masyarakat mempunyai kebun sawit dan karet lebih dari 3000 hektar dan sudah ada yang panen, ini perlu solusi untuk jalan produksi. 



"Ini harus kita segerakan, agar hasil produksi sawit dan karet masyarakat disini bisa cepat dijual ke luar, sekarang harga sawit dan karet disini sangat murah, karena jalan rusak dan jarak tempuh dari kota kecamatan sangat jauh, mudah-mudahan dengan dibangunnya jembatan Muara Ketalo tahun depan transportasi hasil tani bisa lancar. Insya Allah jembatan Sri Bado Muara Ketalo tahun depan Kita resmikan, ini akan memperdekat jarak dengan pasar Mandiangin,," ucap Bupati. 

Untuk pembangunan ke depannya, Bupati Cek Endra meminta para kepala OPD membuat program prioritas untuk melanjutkan pembangunan di daerah terpencil ini. 

"Silakan para Kadis, buat lah program masing-masing untuk membangun daerah terpencil ini, 

terutama membangun tower seluler untuk akses imformasi," pungkas Bupati Cek Endra. (AF)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre