Breaking News

Bupati Bangkep Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tinombala-2021 Yang Dilaksanakan Polres Bangkep


 

Bangkep, Figurnews.com-Dalam rangka Operasi Lilin 2021 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran polri, digelar apel pasukan mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan.

Begitu juga dengan Jajaran Polres Bangkep Polda Sulteng, pada Kamis (23/12/2021) jam 08.00 wita melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin Tinombala tahun 2021 dalam rangka pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 yang berlangsung di Lapangan apel Mako Polres Bangkep.

Apel gelar pasukan ini di hadiri oleh Kapolres Bangkep AKBP. Bambang Herkamto.SH, Bupati Bangkep Rais D Adam ,Wakapolres Kompol Hamdan S.Kom, Danramil 1308 Salakan Kapt. Inf. Abdul Aziz, Kadis Dishub, Kaban BPBD, Kasat Pol PP,   para PJU Polres Bangkep beserta  pasukan dari unsur TNI dari Koramil Salakan,  Polres Bangkep,  Dishub, Sat Pol PP , TRC BPBD Bangkep dan PLN Ranting Salakan.

Sebagai pemimpin apel Bupati Bangkep H.Rais D. Adam , Perwira Apel Kompol R.H Datunsonlang S.Pd dan Komandan Apel Ipda Rudy.

Apel gelar pasukan tersebut dilakukan pemeriksaan pasukan oleh Bupati Bangkep didampingi Kapolres Bangkep, Pabung 1308 LB di Bangkep yang juga Danramil Salakan Kapten Inf. Abdul Aziz.

Arahan dalam apel gelar pasukan Bupati Bangkep H.Rais D. Adam yang  membacakan amanat Kapolri menyampaikan bahwa giat tersebut dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi "Lilin 2021" dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, baik pada aspek personel ataupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya.

Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun baru , peningkatan aktifitas masyarakat ini tentu saja terjadi yang sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin-2021 yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.

Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.

Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus kita antisipasi, antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.


Beberapa penekanan Kapolri disampaikan juga oleh Bupati Bangkep :

"Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME"

"Lakukan deteksi dini, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror

dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal

2021 dan perayaan tahun baru 2022 dan laksanakan pengamanan

secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system".

"Laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis dan mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih" kata Bupati Bangkep.

Setelah apel gelar pasukan  dilanjutkan dengan pemusnahan barang bukti berupa minuman keras dan obat-obatan hasil tangkapan Polres Bangkep dan jajarannya selang bulan Agustus- Desember 2021.

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre