Breaking News

BPBD Pasbar Hitung Kerugian Banjir dan longsor Rp. 3.147 137.000


Pasaman Barat,Figurnews.com--Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasaman Barat menghitung sementara kerugian mencapai angka 3,1 miliar rupiah, akibat musibah bencana banjir dan longsor beberapa kecamatan di Kabupaten Pasaman Barat yang terjadi Jumat malam hingga Sabtu (17-18/12/2021).

PLT kepala BPBD Pasbar Azhar dan Kepala markas PMI Pasbar Rida Warsa

PLT Kepala BPBD Pasbar, Azhar Spd kepada Figurnews.com  menyampaikan " Tidak ada korban jiwa pada musibah Banjir, namun menyebabkan kerugian material sekitar Rp. 3.147 137.000 terdiri dari kerusakan rumah, lahan pertanian dan fasum lainnya," katanya di Posko utama BPBD Pasbar di halaman rumah dinas Bupati Pasaman Barat.

Posko utama penanggulangan bencana kabupaten Pasaman Barat mencatat data kerugian fisik yani 8 rumah rusak parah di Kecamatan Ranah Batahan. BPBD memprediksi, jumlah kerugian tersebut masih bertambah.

"Penghitungan sementara dari tim di lapangan. Kerugian terbesar karena terdapat kerusakan pada bangunan rumah dan permukiman masyarakat, selain itu juga terdapat kerusakan di area pertanian serta fasilitas umum," sebut Azhar.

Lebih lanjut Ia mengatakan "Bencana di  Pasaman Barat terjadi di 11 kejorongan yang tersebar di kecamatan Ranah Batahan, Kecamatan Pasaman, Kinali dan Sasak. Kerusakan terparah berada di Kecamatan Ranah Batahan  terendam, bahkan beberapa diantaranya rusak parah,".

BPBD Pasbar bersama tim masih melakukan pendataan dan memberikan bantuan terhadap korban banjir,  termasuk yang sedang melakukan isolasi di sejumlah lokasi. bantuan tersebut juga berupa makanan dan kebutuhan dasar masyarakat.

Sementara itu, kerusakan juga terjadi di Kecamatan Pasaman dan kecamatan Kinali. berupa  amblasnya rumah dan genangan air ini juga membuat aktivitas masyarakat terganggu, namun mulai normal sejak Senin kemarin. 

BPBD Pasbar meminta masyarakat tetap waspada// karena sejumlah lokasi berada di kawasan rawan banjir dan longsor. sementara itu BPBD sedang mempersiapkan bantuan bagi korban, seperti bangunan rumah dan sarana penunjang lainnya.

Sementara kepala markas Palang Merah Indonesia Kabupaten Pasaman Barat,Rida Warsa menerjunkan relawan untuk membantu assessment warga terdampak banjir yang menyisakan genang dan lumpur  di rumah warga.

(Dodi Ifanda)




Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre