Breaking News

 


Zulkenedi Said Anggota DPRD Sumbar Berikan Pokir Pendidikan Politik Bagi Milenial Pasbar

Pasbar,Figurnews.com -- Kegiatan Pendidikan Politik diagendakan pokok pikiran (Pokir) ini diprakarsai Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Zulkenedi Said,S.Sos.SH.MSi”  yang merupakan putra Maligi Pasbar.

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Propinsi Sumbar itu menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan pelaksanaan pendidikan politik pertama yang dilaksanakan di Kabupaten Pasaman Barat dari tanggal 17 dilaksanakan di Lubuk Sikaping Pasaman. Pada tanggal18 - 19 November 2021 di Hotel Guci Simpang Empat.

"Ini adalah angkatan ke 3 pelaksanaan pendidikan politik, pada Rabu (17/11) angkatan 1 di laksanakan di Lubuk Sikaping, Kamis (18/11) kemaren angkatan kedua di buka oleh Dr.Adrianto Staf Ahli Bupati Bidang Keagamaan dam Kesejahteraan Pasbar, Sekretaris Kesbangpol Pasbar Defi Irawan dihadiri milenial Kecamatan Pasaman, Pasbar.

"Pada hari jumat  ini, angkatan ke 3 . Biasanya,90 peserta, Alhamdulillah hari ini hadir 100 milenial dari 10 kecamatan. Ini merupakan pertama kali di Pasbar", sebut Zulkenedi, Jumat di Hotel Gucci.

Sementara Wakil Bupati Risnawanto  dalam sambutannya apreasiasi kegiatan p kegiatan  politik bagi tokoh masyarakat dan generasi muda ini hendaknya terus berkesinambungan dilaksanakan di Kabupaten Pasaman Barat. 

"Pendidikan politik dilaksanakan agar kehidupan demokrasi di Pasaman Barat (Pasbar) dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar sesuai kaidah dan aturan yang berlaku,".

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto, mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya terhadap kegiatan Pendidikan Politik yang dilaksanakan. Dirinya berharap kegiatan ini mampu meningkatkan kualitas kehidupan yang berlandaskan politik, dan masyarakat mampu memahami hakekat politik sebagai bagian dari kehidupan.

"Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas kehidupan dilandasi politik dan semangat Demokrasi dengan Nilai-nilai Pancasila serta Undang-undang dasar 1945. Selain itu, melalui kegiatan ini kami juga menaruh harapan agar masyarakat makin memahami hakekat politik sebagai bagian dari kehidupan serta mampu menyikapinya dengan arif dan bijaksana" ucap Risnawanto.

Ia juga menjelaskan bahwa sesuai Undang-undang Nomor 2 Tahun 2011 bahwa Rakyat harus mendapatkan Pendidikan Politik. Oleh karena itu, pendidikan politik merupakan hal yang penting yang harus didapatkan oleh Warga negara apalagi generasi muda (milineal).

"Pendidikan Politik adalah Proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban dan tanggungjawab setiap warga Negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara" jelas Risnawanto.

Pemerintah daerah lanjutnya, mempunyai kewenangan dalam bidang Politik untuk membina masyarakat dan menciptakan situasi dan kondisi politik yang lebih baik. Dalam memantapkan kehidupan politik di daerah, masyarakat harus lebih mengutamakan rasa persatuan dan kesatuan dalam menghadapi pasang surut dinamika politik.

Selain itu, Ketua Penyelenggara Syahlaluddin dalam laporan panitia menambahkan Kegiatan pendidikan politik yang dilaksanakan menyajikan beberapa materi yakni kebijakan pembinaan politik dalam negeri, pemilu sebagai wahana pendidikan politik, pentingnya pendidikan politik dalam pengembangan budaya politik yang demokratis, serta peran pemda dalam penyelenggaraan pemilu.

Sementara Kepala Badan Kesbang dan Politik Provinsi Sumatera Barat Jefrinal Arifin, Wakil Dekan Fisip Universitas Andalas Aidinil Zetra, tokoh masyarakat, generasi muda peserta pendidikan politik se Kabupaten Pasaman Barat dan stakeholder terkait lainnya.

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre