Breaking News

 


Warga Desa Mentawak Hulu Andalkan Ternak Sapi P2DK Untuk Peningkatan Ekonomi

Sarolangun, Figurnews.com- Manfaat program P2DK sudah lama  melekat di kehidupan masyarakat Desa  Mentawak Hulu Kecamatan Air Hitam. Sejak diluncurkan tahun 2013 lalu, hampir setiap tahunnya dimanfaatkan dalam pengadaan ternak sapi, dari penggemukan hingga gaduhan (pemeliharaan) secara bergulir kepada  warga masyarakat, hingga tahun 2021 ini masyarakat tetap antusias dengan beternak sapi P2DK untuk peningkatan ekonomi. 

Program Percepatan Pembangunan Desa (P2D) dan Program Percepatan Pembangunan Kelurahan (P2K) atau secara umum lebih akrab disebut Program Percepatan Pembanguna Desa dan Kelurahan (P2DK) adalah program andalan Pemkab Sarolangun dalam kepemimpinan Bupati Cek Endra yang sudah terbukti bermanfaat dan sangat membantu masyarakat, program ini sudah berlangsung 8 (Delapan) tahun yang bersumber dari APBD Kabupaten Sarolangun. 

Kepala Desa (Kades) Mentawak Hulu Kasiran mengakui ternak sapi P2DK merupakan andalan masyarakatnya hingga hampir setiap tahunnya dana bantuan ekonomi kerayatan Bupati Cek Endra ini dimanfaatkan untuk ternak sapi. 

"Ternak sapi bantuan P2DK memang menjadi andalan masyarakat kami sejak digelontorkan untuk peningkatan ekonomi,  cuma tahun 2019 dimanfaatkan untuk pengadaan bibit lemon, selain itu ternak sapi semua, kata Kades Kasiran, Jumat (5/11) di lokasi gaduhan sapi P2DK salah satu warga Mentawak Hulu. 

Kades Kasiran menyebut ketika sebelumnya dana P2DK Rp. 200 Juta per desa, pihak desa mampu mengadakan bibit sapi 18 ekor per tahun, karena terjadi pengurangan akibat covid, dana P2DK tahun ini menjadi Rp. 100 juta per desa,  dan hanya bisa dibelikan bibit sapi sebanyak 7 ekor. 

Mewakili masyarakatnya, Kades Kasiran sangat berterimakasih kepada Bupati Cek Endra karena program ini sangat membantu masyarakat dan berharap pada tahun berikutnya dana ini tetap digelontorkan dengan jumlah yang maksimal. 

"Program ini sangat membantu masyarakat, tahun 2018 kita juga manfaatkan dana P2DK untuk pengadaan ternak sapi sebanyak 18 ekor, begitu pun tahun 2020, dan tahun ini kita gunakan untuk pengadaan bibit sapi sebanyak 7 ekor karena keterbatasan dana yang hanya separoh dari tahun sebelumnya, kami sangat berterimakasih kepada Bupati Cek Endra dan berharap dana P2DK dapat dimaksimalkan seperti tahun- tahun sebelumnya," ucap Kades Kasiran didampingi Suwito, ketua BPD Mentawak Hulu. (AF)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre