Breaking News

Wali Kota Solok Menghadiri Ulang Tahun Bundo Kanduang Kota Solok Ke 47


Kota Solok ,Figur news .com -

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar, SH, M.Si bersama Ketua DPRD Kota Solok Hj.Nurnisma.SH hadiri puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bundo Kanduang Kota Solok ke-47 di Gedung Kubuang Tigo Baleh, Senin (29/11/2021).

Mengangkat tema “Dengan festival kuliner dan lomba masakan tradisional kita lestarikan aneka ragam makanan nagari solok”, peringatan hari berdirinya organisasi kaum perempuan Minangkabau di Kota Solok ini berlangsung semarak. 

Turut hadir pada kesempatan, Forkopimda Kota Solok, Ketua GOW, Ny. Donna Ramadhani Kirana Putra, Ketua LKAAM, Rusli Malin Marajo Ketua DWP Kota Solok, Ketua Bhayangkari, Ketua Persit, Ketua Bundo Kanduang Kota Solok beserta seluruh Bundo Kanduang, Kepala OPD terkait. 

Menyambut itu, Wali Kota Solok menyampaikan ucapan selamat atas HUT ke- 47 Bundo Kanduang Kota Solok, dimana peran serta Bundo Kanduang sangat besar manfaatnya bagi kesuksesan pembangunan dan kemajuan Kota Solok.

 ”Selamat Ulang Tahun yang ke -47, semoga eksistensi Bundo Kanduang di Kota Solok semakin tampak. Kita harus akui kemajuan suatu negeri tidak lepas dari peranan kaum perempuan, yakni Bundo Kanduang” tutur Wako. 

Zul Elfian akui Bundo Kanduang merupakan pendidik sekolah pertama bagi generasi muda Minangkabau karena pendidikan paling awal dimulai dari rumah. 

“Pemerintah Kota Solok siap menerima kritik dan masukan dari Bundo Kanduang Kota Solok, supaya peran pemerintah benar-benar dirasakan oleh masyarakat” ucapnya. 

Sementara itu, ketua DPRD Kota Solok Hj.Nurnisma menyampaikan penghargaan kepada panitia penyelenggara yang telah bekerja keras dan menyumbangkan pikiran, ide dan kreativitas untuk menyelenggarakan kegiatan ini.

Dirinya berharap, kegiatan HUT Bundo Kanduang ini menjadi agenda tahunan oleh pengurus bundo kanduang.

" Semoga dengan bertambahnya umur, Bundo Kanduang semakin aktif dalam melestarikan adat dan budaya minangkabau khususnya di Kota Solok," ujar Nurnisma. 

Pada ulang tahun ke 47 ini, Bundo Kanduang telah dapat melaksanakan Festival kuliner dan lomba masakan tradisional. Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat melestarikan dan membangkitkan kembali berbagai macam makanan dan masakan tradisional yang sudah hampir hilang. 

" Ini merupakan kehormatan dan kebahagiaan tersendiri bagi kami terutama anggota legislatif dapat hadir pada acara yang sangat bersejarah ini," ujar Ketua DPRD Kota Solok.

Disampaikan, Bundo Kanduang merupakan Limpapeh rumah nan gadang, ambun puruak pagangan kunci, sumarak dalam nagari, pai tampek batanyo ka pulang tampek babarito. 

Maka peran aktif Bundo Kanduang sebagai pola asuh utama dalam keluarga pada lingkup kecil dan masyarakat secara luas, perlu dijaga tanpa terkontaminasi oleh budaya luar, disamping meningkatkan pendidikan anak kamanakan.

Nurnisma menyebutkan, karena pendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat yang harus dipenuhi, maka pendidikan akan dapat meningkatkan kecerdasan dan kesejahteraan. 

" Perlu kita sadari, saat ini masih banyak generasi muda yang tidak mengerti akan adat dan budaya dasar kita. Peran Bundo Kanduang lah yang sangat diharapkan untuk bisa menumbuhkan rasa peduli terhadap budaya tersebut," jelasnya.

Ketua DPRD mengingatkan, karena masih dalam situasi pandemi, diharapkan kepada panitia pelaksana dan peserta tetap mematuhi protokol kesehatan.

" Harapan kami terhadap festival kuliner dan lomba masakan tradisional tidak hanya mengedepankan rasa dari masakan, tetapi kehigienisan perlu menjadi perhatian. Karena bagaimanapun juga, apabila kita diposisi sebagai konsumen atau penikmat kuliner tidak hanya melihat makanan tersebut enaknya saja tapi kehigienisan dari proses pembuatannya pasti jadi pertimbangan," ungkapnya.(ayu) 

 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre