Breaking News

Wakil Bupati Banggai Hadiri Pembukaan Seminar Nasional yang Diselenggarakan oleh Tim Peneliti Universitas Gunadarma.

Banggai, Figurnews.com

Wakil Bupati Banggai H. Furqanuddin menghadiri dan membuka secara resmi SEMINAR NASIONAL dengan tema: "Identitas dan Nilai-nilai Kearifan Lokal Banggai Sebagai Pemersatu Banggai Bersaudara" yang diselenggarakan oleh Tim Peneliti Universitas Gunadarma (UG) yang berpusat di Depok, Jawa Barat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang rapat umum Kantor Bupati Banggai.

Turut hadir Wakil Bupati Banggai Kepulauan Salim J Tanasa, SE., MM, Sekretaris Tomundo Banggai H. Sophanysay Yunan, SH, Ketua Tim Peneliti Univ. Gunadarma Dr. Nuriyati Samatan (Dekan Ilmu Komunikasi Univ. Gunadarma), Bosanyo Batui, Petuah Adat, Rektor UNTIKA, UNISMU, Direktur Amik Nurmal beserta jajarannya, Kadis Pariwisata, Kadis Pendidikan, Ketua Umum KaMIMo (Kerumunan Mahasiswa Indonesia Montolutusan) Banggai, serta seluruh peserta seminar. Sementara melalui virtual hadir Rektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E.S Margianti, SE, MM, para pemakalah, serta para peserta lainnya.

Dekan Ilmu Komunikasi Dr. Nuriyati Samatan selaku Ketua Tim Peneliti Universitas Gunadarma, mengatakan blue print akan identitas suku bangsa, merupakan hal utama yang perlu digali, dibukukan dan diajarkan kepada komunitas suku bangsa, agar generasi muda tumbuh menjadi generasi yang kuat, sadar akan diri dan identitasnya, berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal yang dimilikinya

“Suku Bangsa Banggai yang terdiri atas , suku Banggai, Saluan, dan Balantak, merupakan suku bangsa yang pernah membangun peradaban besar, memberikan pengaruh signifikan baik internal, bekerjasama dengan berbagai suku bangsa, dan juga memberikan pengaruh yang besar” terangnya.

Ketua tim penelitian Dr. Nuriyati Samatan  mengaku tujuan dari pelaksanaan seminar ini adalah untuk mengangkat nilai-nilai budaya Banggai, serta meluruskan blue print akan identitas suku bangsa Banggai. Dia juga berharap agar hasil dari kegiatan ini dapat di ajarkan kesekolah-sekolah di Banggai agar anak didik kita tau akan nilai, budaya serta jati dirinya sebagai anak Bangsa Banggai.

Wakil Bupati Banggai H. Furqanuddin dalam sambutannya mengaku tanah Banggai adalah sebuah daerah beradab yang berada di wilayah ini pernah berdiri sebuah peradaban yang mengandung nilai-nilai positif berbasis kedaerahan, yang mana Banggai itu sendiri bukan hanya sekedar suku tapi adalah suatu bangsa.

Ketika kita bersatu maka disitulah kebangkitan kita, dan kebangkitan yang dimaksud adalah suatu perpaduan pengetahuan dan sikap yang dulunya pernah dibentuk dan mengandung nilai positif yang diajarkan secara turun temurun. Namun, seiring berjalannya waktu terkikis pelan-pelan bahkan hancur seiring dengan berkembangnya zaman, namun dicoba untuk dibudayakan kembali nilai-nilai itu.

“Terakhir, marilah kita menjaga identitas dan nilai-nilai kearifan lokal kita, sebagai sebuah bangsa yang beradab, bangkitlah, marilah kita bersatu, karna kita bersaudara, hidup Babasal, hidup bangsa baru,” tutup Wabup Furqanuddin.

(Bag. Prokopim Setda Banggai/Mu')

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre