Breaking News

 


Vaksinasi Pada Suku Anak Dalam (SAD) Di Dalam Rimba Makekal Ulu Desa Mekar Jaya Kecamatan Tabir Selatan


Merangin Figurnews.com-Sabtu tanggal 06 November 2021 pukul 08.00 wib, Waka Polsek Tabir Selatan Ipda Fajar Nugroho didampingi Kanit Intelkam Polsek Tabir Selatan Bripka Charles Maruli Harianja bersama dengan Kades Mekar Jaya Lasno beserta perangkat Desa. Mekar Jaya, Tenaga Kesehatan Puskesmas Muara Delang, Bhabinsa Desa. Mekar Jaya Serda Budi Sitompul, Guru Pendamping Suku Anak Dalam (SAD) Suwanti dan Gapoktan Desa, Mekar Jaya Kec. Tabir Selatan.

Perwakilan PT. Sari Aditya Loka I Panca, serta Bhabinkamtibmas Desa. Mekar Jaya Brigadir Rega Heltramizi,  berangkat melakukan kunjungan ke lokasi Suku Anak Dalam (SAD) kelompok Ketua Adat Ngandun  Depati Siomban bersama rombongan Suku Anak Dalam (SAD) lainnya di dalam Rimba Makekal Ulu Desa. Mekar Jaya Kec. Tabir Selatan.

Setelah menempuh waktu sekitar 3 Jam perjalanan dengan kendaraan roda dua (trail) dan melewati jalan yang cukup sulit dilalui akhirnya rombongan bisa sampai di dalam rimba tempat Ketua Adat Ngandun  Depati Siomban bersama rombongan Suku Anak Dalam (SAD) lainnya, beruntung saat tiba di lokasi kelompok SAD tersebut sedang tidak berburu atau Melangun sehingga dapat bertemu dengan mereka.

Kedatangan rombongan disambut dengan hangat dan bersahabat oleh Ketua Adat Suku Anak Dalam (SAD) dan anggota kelompoknya, dalam kesempatan tersebut Wakapolsek Tabir Selatan Ipda Fajar Nugroho, menjelaskan kepada Ketua Adat Ngandun  Depati Siomban bersama rombongan Suku Anak Dalam (SAD) lainnya, bahwa kunjungan kali ini disamping untuk membantu melakukan pemeriksaan kesehatan yg dilakukan oleh Puskesmas Muara Delang dan pembelajaran terhadap anak anak SAD oleh guru pendamping yang secara berkala sudah rutin dilakukan namun ada satu hal yang sangat menarik yaitu pemberian bibit ikan lele sebanyak 1000 ekor untuk warga Suku Anak Dalam (SAD). Semoga Ikan ini bisa membantu kehidupan warga Suku Anak Dalam (SAD).


Warga Suku Anak Dalam atau SAD hingga saat ini masih mengandalkan kebiasaan berburu atau meramu dalam kehidupannya, mereka masih sangat tergantung dengan hasil buruan di hutan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, namun dengan berkurangnya hewan buruan dan semakin sempitnya ruang gerak mereka akibat dari pengalihan fungsi hutan yang sudah banyak berubah menjadi areal perkebunan maka hal tersebut kerap kali menimbulkan konflik dengan masyarakat sekitar sehingga perlu segera dilakukan upaya inovasi untuk mencegah konflik tersebut agar tidak terus terjadi.

Sebelumnya telah dibantu disiapkan kolam ikan oleh rekan rekan dari Gapoktan yang nantinya juga Gapoktan bersama dengan Bhabinkamtibmas akan membimbing warga SAD tentang cara merawat ikan lele tersebut serta memantau perkembangannya hingga berhasil di panen

Diharapkan dengan potensi alam yang masih asri dan kualitas air yang masih bagus nantinya bibit ikan lele tersebut dapat berkembang dengan baik sampai dengan masa panen tiba, sehingga bisa membantu kehidupan warga SAD dan menjadi pembelajaran baru bagi mereka bahwa mereka bisa memanfaatkan potensi alam yang ada dengan cara memelihara ikan ataupun ternak lainnya serta mulai belajar bercocok tanam dan tidak harus sepenuhnya bergantung dengan hasil buruan di hutan.

Pada saat kegiatan dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan terhadap warga Suku Anak Dalam oleh tenaga kesehatan Puskesmas Muara Delang, serta edukasi terhadap kelompok Suku Anak Dalam tentang pentingnya Vaksinasi oleh Bhabinkamtibmas Brigadir Rega Heltramizi dan alhasil Ketua Adat Ngandun  Depati Siomban mau melaksanakan Vaksinasi Dosis I yang dilakukan oleh Puskesmas Muara Delang langsung dilokasi.

Selama pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancar, selesai pukul 14.00 wib situasi aman dan kondusif dan tetap patuhi protokol kesehatan.

( Umar Khatab )

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre