Breaking News

Sidang Gugatan Ketua DPRD Pasbar, Ini Jawaban Pengacara DPP Gerindra


Pasaman Barat, Figurnews.com

Sidang perdana gugatan ketua DPRD Kabupaten Pasaman Barat mulai digelar di Pengadilan Negeri Pasaman Barat di Simpang Empat, Senin pagi (29/11) dihadiri langsung penggugat Parizal Hafni, ST didampingi penasehat Hukum Abd. Hamid S.H dengan agenda pembacaan gugatannya.

Sidang Perdata nomor 25/Pdt.G/2021/PN PSB para tergugat. DPP, DPD, DPC partai Gerindra dihadiri kuasa hukum Zulraihan, SH, Desmihardi, SH, dan Rekan Kantor Pengacara Vino Oktavia turut tergugat Erianto dikuasakan pengacara Perdianto, MH. Sementara turut tergugat Dewan Perwakilan Rakyat Pasbar tidak menghadiri sidang  gugatan khusus sengketa partai politik Gerindra.

Dalam gugatan PH meminta majelis yang memeriksa dan mengadili perkara gugatan tersebut, yakni memerintahkan tergugat I untuk membatalkan sesuai mekanisme surat keputusan nomor 06-0102/Kpts/DPP- Gerindra tanggal 08 Juli 2021 tentang pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Ketua Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Pasaman Barat Propinsi Sumatera Barat periode TA. 2021-2024  dari penggugat  kepada  sdr. Erianto (turut tergugat).

Setelah sidang, Pahrizal Afni didampingi Hamid  kepada wartawan menerangkan bahwa benar mengikuti agenda sidang hari ini di pengadilan negeri pasaman barat .

"Benar kita telah mengikuti agenda sidang hari ini , dan agenda yaitu pembacaan gugatan yang dianggap sudah dibacakan, namun tidak dihadiri tergugat DPRD Pasbar " 

Penasehat Hukum dari tergugat DPP Gerindra,   Desmihardi ,SH menjelaskan bahwa pihaknya telah persiapan jawaban gugatan PH kader partai berlambang Burung Garuda besukan Prabowo Subianto tersebut.

"Sidang gugatan ini berawal dari suarat keputusan DPP partai Gerindra perihal SK Pergantian ketua DPRD Pasbar," ungkap Desmihardi. 

" Berdasarkan keputusan sidang Mahkamah Partai Gerindr terhadap pak Pahrizal Hafni beberapa waktu lalu,  memberikan keputusan bahwa ia terbukti melakukan pelanggaran anggaran dasar dan anggaran rumah tangga partai Gerindra, "jelasnya.

"Dengan keputusan Mahkamah Partai, sehingga DPP partai Gerindra  menetapkan pergantian PH sebagai ketua DPRD Pasbar dan sebagai ketua DPC parati Gerindra Pasaman Barat" pungkasnya.

DPP Gerinda telah mengambil keputusan dari Mahkamah partai bahwa FA telah di copot dari jabatannya putusan itu telah di syahkan oleh Ketua Umum dan Sekretaris DPP partai Gerindra.

Pahrizal Hafni kecewa tidak hadirnya pimpinan lembaga DPRD Pasbar yang tirut tergigat dalam sengketa partai tersebut.

 "Saya sangat kecewa terhadap sikap petinggi DPRD itu yaitu Daliyus dan Endra Yama Putra sebagai tergugat dua " ucap ketua DPRD itu .

"Ada apa dengan ketidak hadirin mereka , apakah itu di katakan Kooperatif dalam menyikapi Undang -undang yang berlaku " tutup Pahrizal Afni .

Sidang akan dilanjutkan pada senin(6/12) , dengan agenda pembacaan jawaban dari para tergugat.

Diwaktu terpisah,  salah satu pimpinan DPRD PASBAR, Endra Yama Putra, kepada Figurnews.com menyampaikan menjelaskan ketidakhadiran dirinya disidang tersebut karena sedang mengikuti bimtek di Pekanbaru.

"Ya kami dan wakil ketua dua lainnya (pimpinan DPRD Pasbar) masih mengikuti kegiatan bimbingan teknis pimpinan dan anggota DPRD Pasaman Barat, Insyaallah sidang lanjutan nanti kami hadiri," jelas Endra Yama Putra Wakil Ketua DPRD Pasbar melalui sambungan telepon pada Senin Sore. 

Surat keputusan pergantian sudah dibacakan di Paripurna DPRD Pasbar dan diusulkan ke Gubernur Sumbar. Hingga sekarang belum surat dari Gubernur perihal tindak lanjut pergantian Ketua DPRD di Negeri Tuah Basamo itu.


(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre