Breaking News

 


Siap-Siap! Festival Pesona Minangkabau Kembali Digelar di Tanah Datar

 

Tanah Datar, Figurnews.com

Festival Pesona Minangkabau merupakan salah satu even di Sumatra Barat yang masuk ke dalam kalender 100 Wonderful Indonesia sejak 2017. Festival Pesona Minangkabau juga merupakan salah satu even terbesar di Sumatera Barat. Ajang ini  diikuti oleh kebupaten dan kota se provinsi itu, provinsi tetangga meliputi Provinsi Riau, Jambi dan Riau Kepulauan, bahkan sebelumnya juga mengundang negara tetangga Malaysia. Namun akibat Pandemi covid-19 yang melanda dunia satu tahun terakhir, festival ini sempat terhenti.

Ditahun 2021 ini Festival paling bergengsi si Sumatera Barat kembali digelar. Kali ini dalam suasana terbatas dan dengan protokol kesehatan dan di pusatkan di Istano Basa  Pagaruyung.

Ajang ini direncanakan akan berlangsung tanggal 13-14 November 2021, akan mengangkat berbagai kegiatan diantaranya; Pawai Budaya Authentic Minangkabau, Pagelaran Silat Minangkabau, Pagelaran Tari Spesifik Minangkabau, Pagelaran Budaya Minangkabau, Minangkabau Expo, Pasar Kuliner Minangkabau, Lomba Konsep Event Nagari.

Akan digelar secara hybrid dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, event tahunan kebanggaan Tanah Datar dan Sumatera Barat ini akan menghadirkan berbagai acara menarik yang bisa disaksikan secara offline mau pun virtual dimulai pukul 09.00 - 17.30 WIB diIstano Basa Pagaruyung.

Dan satu lagi yang perlu dicatat. Festival Pesona Minangkabau selalu membuat kejutan setiap tahunnya. Kejutan itu dicatatkan dalam Museum Rekor Dunia Indonesia  atau MURI yang menjadikan festival tahunan ini menjadi menarik. Pemecahan rekor MURI kali ini adalah Tari Piriang Virtual Terbanyak. 

Pada tahun-tahun sebelumnya, telah dicatatkan  dua rekor MURI. Pada pelaksanaan festival kedua tahun 2017, dicatatkan rekor  Arakan Jamba Terbanyak, yaitu 1111 Arakan. Kemudian di tahun 2018 dicatatkan rekor  Minum Kawa  yaitu air daun tanaman  kopi dengan tempurung terbanyak 4000 gelas tempurung. Dan tahun 2019  pagelaran Talempong Pacik Terbanyak dengan target  2000 orang pemain. (**)

Selamat Menyaksikan

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre