Breaking News

Salah Satu Calon Kepala Desa Menolak Pemilihan Suara Ulang di Kabupaten OKI

 


OKI-Figurnews.com-Ogan Komering Ilir, Pelaksaan Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten OKI yang telah di laksanakan pada tanggal 12/10/2021 yang lalu masih banyak meninggalkan persoalan, apa lagi dengan munculnya surat yang tanda tangani Sudarta Salman, SE, MM, yang merupakan tim ahli atau kelompok pakar DPRD Kab OKI.

Salah satu Calon Kepala Desa menolak untuk Pemilihan Suara Ulang (PSU), yaitu Calon Kedes nomor urut 2, dari Desa Karangsia Kecamatan Sungai Menang yaitu Usman, yang mendatangi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kab OKI.

Dalam konferensi presnya, mewakili Calon Kades Desa Karangsia, Sugono, SE, SH yang merupakan kuasa hukum, dan juga merupakan anggota lembaga Aliansi Indonesia DPP pusat, Sugono mengatakan, kami mendatangi kantor DPMD Kab OKI ini untuk mencari keadilan, konfimasi terkait surat bupati OKI yang meminta evaluasi tahapan - tahapan yang terjadi terkait dengan Pilkades, salah satu yang isinya meminta Pemungutan Suara Ulang Pilkades di Desa Karangsia Kec Sungai Menang.

Menurut Sugono Pemungutan Suara Ulang tersebut kurang tepat, karna berdasarkan investigasi tim bahwa proses perhitungan suara sudah selesai, surat suara, kotak sudah kosong dan juga sudah di sepakati dari awal berapa DPT yang sah, berapa surat suara yang sah, berapa surat suara cadangan dan jumlah DPT yang sah berjumlah 445, cadangan 44.

Permasalahanya pada saat mau penjumlahan terjadi insiden keributan, ada yang buang tembakan yang di lakukan di depan aparat keamanan yang ingin mengagalkan penghitangan terakhir yang sudah di sepakati, tetapi atas insiden tersebut perhitungan di stop, seluruh surat suara dan bener penghitungan suara di masukkan ke kotak, tetapi saksi nomor dua meminta kotak di buka kembali untuk di dokumentasikan bersama.

Kemudian surat suara di hitung kembali di aula bende seguguk Pemkab OKI, terjadi persoalan baru ada penggelembungan suara 3 jumlah suara yang sah dari 412 menjadi 415, yang di hitung hanya surat suaranya saja bukan di hitung suaranya, tetapi alasan panitia tidak tepat karna alasan lupa mencatat, dengan asumsi tersebut menurut Sugono tidak tepat, karna penghitungan suara belum selesai karna itu kami meminta untuk di selesaikan penghitungan suara.

Yaitu penjumlahannya karena belum di ketahui siapa yang menang dan siapa yang kalah, kami menuntut untuk melanjutkan penghitungan ulang yang tertunda, bukan Pemungutan Suara Ulang jelas, Sugono.(M.Tahan)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre