Breaking News

Reses DPRD Bersama Bappeda Sumbar, Ini yang Dilakukan Zulkenedi Said Untuk Kampung Halaman



Pasaman Barat, Figurnews.com--Legislator Zulkenedi Said,S.Sos.SH.MSi”  Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Propinsi Sumbar adakan Reses Dalam Rangka penjaringan Aspirasi Masyarakat Pasaman Barat dari tanggal 25 Oktober hingga 1 November 2021.

Sesuai dengan fungsinya Anggota DPRD sebagai unsur Legislatif  Pemerintahan Daerah,  dalam penyampaian setiap pertemuan Reses, Anggota DPRD menyampaiakan tentang Tupoksi DPRD sesuai dengan Undang-undang sebagai wakil rakyat menyampaikan dan meyalurkan aspirasi masyarakat di Daerah Pemilihan nya masing-masing.

"Sesuai dengan Fokus Pemerintahan Provinsi Sumbar jangka waktu lima tahun kedepan dibawah kepemimpinan Gubernur Mahyeldi, ada 3 Fokus pembangunan yang harus disukseskan pertama Bidang Pembangunan kedua bidang pariwisata ketiga peningkatan UMKM," ungkap Zulkenedi di Simpang Empat, Senin (1/11/2021).

"Dalam setiap pertemuan reses kemaren dengan masyarakat, pada umumnya masyarakat mengusulkan permohonan diantaranya peningkatan dan  pembangunan jalan Provinsi, Pembangunan normalisasi Sungai atau penguatan tebing Batang Pasaman, Penanggulangan Abrasi Pantai Sasak dan Air Bangis. Pembangunan jalan lingkung perumahan dan pemukiman;  permohonan bantuan ekonomi masyarakat, baik dalm bentuk bantuan Kelompok Tani, Koperasi, Usaha industri rumahan (UKM)" urainya.

"Permohonan bantuan sarana  pendidikan, permohonan bantuan sarana Kesehatan permohonan bantuan perikanan, permohonan bantuan pertanian, perkebunan dan perikanan, permohonan prasarana dan sarana telekomunikasi, perhubungam dan lampu jalan, permohonan bantuan rumah Ibadah dan Pendidikan Agama (MDA/TPA)," sambung Zulkenedi.

"Kita juga mengajak Dinas terkait dari Pemerintah Provinsi Sumbar datang survei langsung lokasi pantai Pohon Seribu, Muaro Tanjung Sasak Ramah Pasisie yang beberapa waktu dekat ini mengalami pengikisan abrasi, sehingga pemukiman sekitar di khawatirkan ambruk ke laut" katanya


Zulkenedi Said didampingi Wini Sayori kabid infrastruktur dan kewilayahan Bappeda Sumbar, Rahmat Yurindra kabid Dinas Sumber  Air dan Bina kontruksi pemprov Sumatera Barat, dan  Teguh Ariefianto Kabid Pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Selain Survei Abrasi Pantai Sasak, rombongan perencana pembangunan Sumbar ini juga Survei pengikisan tebing daerah aliran sungai  yang berada sekitar Jembatan Batang Pasaman penghubung Simpang Empat Ujung gading.

"Setiap hari arus sungai mengikis tebing, bahkan ada rumah berjarak sepuluh langkah lagi ke bibir tebing sungai, ini sangat berbahaya bagi penghuni dan warga yang bermukim disekitar batang Saman" Sebut Zulkenedi didampingi Sekna Aia Gadang Eka putra, Kepala Jorong Pasir Bintungan.

"Kita minta segera pembangunan penguatan tebing, sambil menunggu Normalisasi sungai, sebelum pondasi jembatan di hantam air bah," ujar Buyung Sos pemuda setempat.

Hampir tiap tahun menjadi langganan banjir bahkan bertaruh nyawa, harta dan barang berharga lainya, tiap tahun memasuki musim hujan masyarakat yang berada di dua kejorongan tersebut merasa waspada dan siap siaga antisipasi air banjir yang sewaktu - waktu mengintai nyawa harta mereka.

Salah seorang warga Jorong Pasia Bintungan mengatakan, derita masyarakat yang berada di bantaran sungai batang Pasaman selalu waspada jika memasuki musim penghujan, karna setiap musim hujan tiba terutama rentang pada bulan Oktober, November dan Desember setiap tahunnya selalu mengalami kebanjiran, disebabkan meluapnya air sungai batang pasaman dan ini sudah berlangsung selama kurang lebih puluhan tahun lamanya.

Kepala Jorong Pasia Bintungan Muskar mengatakan, dampak dari akibat banjir ini menggenangi pemukiman penduduk sekitar 200 Kepala Keluarga lebih dengan ketinggian air rata - rata satu  sampai tiga Meter dan berangsur surut bisa memakan waktu satu hari sampai tiga hari lamanya, masyarakat terdampak terpaksa mengungsi ketempat yang aman.

Tidak itu saja, akibat terjangan aliram sungai batang Pasaman ratusan lahan pertanian dan perkebunan terancam rusak, puluhan rumah warga terancam ambruk kedalam aliran sungai dan aliran sungai tersebut juga mengancam arus transportasi Jalan dan  Jembatan terancam putus jika tidak dilakukan penanganan nya segera dilakukan pemerintah.


"Kami bermohon agar pemerintah dan presiden jokowi mendengar derita kami masyarakat Aia Gadang yang berada di kawasan aliran sungai batang pasaman",Ujar Muskar.


Sebelumnya, pada Kamis (28/11). Zulkenedi Said reses di Mesjid Raya Rimbo Janduang yang dihadiri pemuka masyarakat Ninik mamak Syaiful Dt.lauik dan Armi Dt.M Batuah, Sekretaris Nagari Persiapan Lingkuang Aua Baru Syafri.

"Dukungan kuat dari masyarakat insyaallah pembangunan Jalan lingkungan Permukiman masyarakat Berupa Jalan Rabat Beton pembangunan nya akan terlaksana di November bulan ini”ujar Zulkenedi

Dalam sambutannya Dt. Armi menyampaikan "Kepedulian seperti inilah yang sangat dibutuhkan Masyarakat.karna dengan adanya kepelulian ini masyarakat merasa sangat merasa berterimakasih, dan pembangun didaerah ini akan selalu berkesenambungan untuk kedepannya"kayanya.

Pada kesempatan Reses ini,  Zulkenedi juga survei jalan menuju SDN 24 Pasaman,

"Insyaallah akan kita usulkan pembangunan, karena menurut beliau jalan ke sekolah ini sangat perlu dibangun mengingat keselamatan anak-anak yang bersekolah dan para wali murid yang mengantar anaknya sekolah. Jalan ini Juga sebagai Akses bagi masyarakat sekitar," janjinya.

Masyarakat juga berharap disamping pokir Dewan, Pemkab Pasaman Barat juga bisa memperhatikan untuk kemajuan pembangunan daerah pinggir Kabupaten Pasbar Tuah Basmao ini.


Photo Dokumentasi Reses Zulkenedi Said
Reses titik 1. Selasa, 26 Oktober 2021
jam 20.00 Wib di Ladang Rimbo Nagari Persiapan Lubuak Landur Kec. Pasaman 

Reses titik ke-2, Rabu, 27 Oktober 2021
Jam 10.00 Wib di Nagari Persiapan Sungai Talang Kec. Luhak Nan Duo, Pasaman Barat


Reses ke-3 Kamis, 28 Okt.2021 Jam 16.00 Wib di Kampuang Tarandam Jorong Simp. 3 Nagari Koto Baru Kec. Luhak Nan Duo Pasaman Barat

Reses ke-4 Kamis, 28 Okt.2021 jam 20.00 Wib di Jorong Rimbo Janduang Nagari Lingkung Aur Kec. Pasaman Kab. Pasaman Barat

Reses titik ke-5 Jumat, 29 Okt 2021 jam 14.00 Wib di Jorong Kapar Timur Nagari Kapar, Kec. Luhak Nan Duo Kab. Pasaman Barat

Reses titik ke-6 Sabtu, 30 Okt.2021 jam 10.00 Wib di Dusun Padang Belimbing Nagari Persiapan Sungai Talang Kec. Luhak Nan Duo Kab. Pasaman Barat

Reses titik ke-7 Sabtu, 30 Okt 2021 jam 20.00 Wib di Jorong Kapar Selatan Nagari Kapar Kec. Luhak Nan Duo Kab. Pasaman Barat

(DODI IFANDA)



Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre