Breaking News

Presiden Lantik Jenderal TNI Andika Perkasa Sah Sebagai Panglima TNI

Presiden Lantik Jenderal TNI Andika Perkasa Sah Sebagai Panglima TNI



Jakarta - figurnews.com - Hari ini Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Jenderal Andika Perkasa sah menjadi Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta pada Rabu, 17 November 2021.

Turut hadir Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Dilanjutkan dengan prosesi penanggalan dan penyematan jabatan Panglima TNI di pundak Andika serta penyerahan tongkat komando Panglima TNI oleh Presiden Jokowi


Kemudian prosesi pelantikan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD turut hadir. Terlihat hadir juga Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani, serta Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Acara pelantikan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin diikuti para tamu undangan terbatas. Hadir sebagai saksi dalam pelantikan Panglima TNI yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto
Andika menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun. Presiden mengusulkan nama Andika Perkasa melalui surat presiden ke pimpinan DPR pada 3 November 2021. Setelah menerima surat itu, pimpinan DPR meminta Komisi I untuk menggelar rapat dengar pendapat umum (RDPU).

Dan sebelum menjadi panglima TNI, Andika menjabat sebagai kepala staf TNI AD. Ia mengawali karier di jajaran Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Di Kopassus, ia banyak bertugas di Satuan-81 Penanggulangan Teror dan Grup 3 Sandhi Yudha.



Pria kelahiran 21 Desember 1964 ini juga pernah menjabat Komandan Batalyon 32 Grup 3/Sandha Kopassus (2002), Komandan Rimdam Jaya pada 2011, dan Komandan Korem 023/KS pada 2012. Ia juga pernah melaksanakan operasi di Timor Timur (1990), operasi teritorial di Timor Timur (1992), dan operasi bakti TNI di Aceh (1994).

Andika menggantikan posisi Jenderal TNI Doni Monardo sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Jokowi. Kemudian, pada 2016, menantu dari Jenderal Hendropriyono ini menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura. Saat menempati jabatan itu, ia membawahi Komando Kewilayahan Pertahanan di Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Pada Januari 2018, Andika naik jabatan menjadi Komandan Kodiklat TNI AD dan menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) pada Juli di tahun yang sama. Tak lama berselang, dia dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala Staf TNI AD (KSAD) menggantikan Jenderal Mulyono pada November 2018.
(DP)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre