Breaking News

Peran Camat Juga Penting Di Daerah

 


Kaltim, Figurnews.com -Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Kaltim Dr HM Jauhar Efendi diundang sebagai narasumber Bimbingan Teknis Kepamongprajaan bagi Camat se Kabupaten Paser, Senin 15 November 2021.

Jauhar menjelaskan, peran Camat juga penting dalam pembangunan daerah. Posisi Camat pada masa Orde Baru adalah Kepala Wilayah. Camat sebagai administrator pemerintahan, kemasyarakatan dan administrator pembangunan.

“Padahal Pemerintah Desa adalah bagian atau sub koordinasi dari Pemerintah Kecamatan. Karena itu, peran Camat juga sangat penting dalam pembangunan daerah,” ucap Jauhar Efendi pada Bimtek di Hotel Quest Balikpapan, dibuka oleh Staf Ahli Bupati Paser Bidang Pemerintahan dan Hukum Amiruddin Achmad, Senin 15 November 2021.

Menurut Jauhar, sekarang posisi camat hanya sebagai Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Kewenangannya terbatas. Sangat tergantung seberapa banyak Bupati/Walikota mendelegasikan kewenangan yang dimiliki kepada camat.

Hal ini pun berdampak kepada Pemerintah Desa, yaitu banyak yang memperhatikan, mulai dari Pemerintah Pusat, Pemprov, maupun Pemkab/Pemkot. Tapi sangat sedikit perhatian kepada Pemerintah Kecamatan.

“Prinsipnya, peran Camat di Kabupaten/Kota juga sangat besar terhadap pembangunan daerah. Dengan jalur koordinasi bersama kelurahan dan pemerintah desa, maka pemerintahan di kabupaten/kota akan berjalan baik,” tegas Jauhar.(*****)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre