Breaking News

 


Pemerintah Kabupaten Kampar Terima Akun Resmi Geoportal Kebijakan Satu Peta dari BIG.


Jakarta, Figurnews.com-Pemerintah Kabupaten Kampar resmi menerima akun Geoportal dari Badan Informasi Geospacial (BIG) Pusat untuk berbagi data terkait dengan Informasi Geospacial melalui Jaringan 

Berdasarkan peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian nomor 6 tahun 2018, BIG sebagai sekretariat Jaringan Informasi Geospacial Nasioanal (JIGN) memiliki kewenangan untuk melakukan pengelolaan akses terhadap akun geoportal KSP. Kepala Bappeda menerima Akun Akses dari Kepala Badan Informasi Geospasial : Prof. Dr.rer.nat. Muh Aris Marfai, S.Si, M.Sc. 

Demikian dikatakan Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH, MH melalui Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kampar Ardi Mardiansyah, S. STP, M. Si usai menerima akun dari BIG yang dilaksanakan di Hotel Santika Jakarta, Kamis, 25/11. 

Saat ini dengan telah terbitnya Peraturan Presiden Nomor 23 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Percepatan pelaksanaan kebijakan satu peta pada tingkat ketelitian peta skala 1:50.000 dapat menjadi panduan dalam penggunaan akun di Kabupaten Kampar " Kata Ardi Mardiansyah. 

Semoga dengan mengimplementasikan berbagi data dan IG melalui JIGN dalam hal

ini sistem Geoportal KSP dengan membagikan akun akses geoportal KSP kepada seluruh pihak yang memiliki kewenangan akses dapat memberikan informasi yang terpadu / Kebijakan Satu Pintu terhadap kebijakan dan Pembangunan Daerah khususnya Kabupaten Kampar " Kata Ardi Mardiansyah pada kegiatan yang  oleh Menteri / kepala lembaga, Pejabat daerah (gubernur/ walikota/ bupati), Badan Informasi Geospacial dan Sekretariat Percepatan Kebijakan Satu Peta. 

Penyerahan ini dihadiri langsung oleh Asisten deputi penataan ruang dan kawasan strategis ekonomi, kemenko Ekonomi Dodi S Riyadi, Kepala Pusat penelitian, promosi dan kerja sama BIG Dr. Suprajaka, Kepala Badan Informasi Geospasial : Prof. Dr.rer.nat. Muh Aris Marfai, S.Si, M.Sc, Deputi VI bidang Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang, Kemenko Perekonomian : Dr. Ir. Wahyu Utomo, MS. 

Hadir juga Deputi Bidang Informasi Geospasial Tematik, Badan Informasi Geospasial: Dr. Antonius Bambang Wijanarto, Plt. Deputi Bidang Infrastruktur Informasi Geospasial, Badan Informasi Geospasial : Dr. rer. nat. Sumaryono, M.Sc, Kepala Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial, Badan Informasi Geospasial :Rachman Rifai, S.Si., M.Si., M.Sc. 

Sementara itu Kepala Badan Informasi Geospasial : Prof. Dr.rer.nat. Muh Aris Marfai, S.Si, M.Sc. Menyatakan bahwa jumlah penerima akun adalah 613 akun, dengan rincian : 34 akun akses gubernur; 514 akun akses bupati/ walikota; 65 akun akses menteri/ kepala lembaga" Kata Prof. Dr.rer.nat. Muh Aris Marfai, S.Si, M.Sc. 

Dengan di terimnya akun ini dapat mengimplementasikan berbagi data dan IG melalui JIGN dalam hal ini sistem Geoportal KSP dengan membagikan akun akses geoportal KSP kepada seluruh pihak yang memiliki kewenangan akses" Tambahnya lagi. 

Sampai dengan bulan Agustus 2021 jumlah akun yang belum diserahterimakan ada sebanyak 130 akun dengan rincian 98 untuk wilayah kabupaten/ kota (78 akun akses untuk bupati, 20 akun akses untuk walikota), 2 akun akses untuk gubernur dan 30 akun akses untuk menteri/ kepala lembaga" Terang Prof. Dr.rer.nat. Muh Aris Marfai, S.Si, M.Sc.(Adv/adi jondri)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre