Breaking News

Pasbar Peringatan Hari Anak Nasional, Anak Anak Perlu Dilindungi


Pasbar, Figurnews.com-- Pemerintah Daerah Pasaman Barat Melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( DPPKBP3A) melaksanakan peringatan Hari Anak Nasional ( HAN ) tingkat Kabupaten Pasaman Barat, Senin ( 22/11/21) di Balerong Pusako Anak Nagari 


Kegiatan dihadiri oleh Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto, Asisten III Rafan, Kepala OPD, Camat Se- Pasbar, Ketua TP PKK Titi Hamsuardi, Ketua GOW Fitri Risnawanto, serta stakeholder terkait lainnya.


Wakil Bupati Risnawanto mengatakan peringatan hari anak nasional merupakan bagian penting dalam perlindungan anak Kabupaten Pasaman Barat. Menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia, dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup dan tumbuh kembang anak. 


"Sebagaimana ketentuan dalam konstitusi kenegaraan maupun dalam setiap agama menyatakan bahwa anak adalah amanah sekaligus karunia tuhan yang harus dijaga, karena dalam dirinya melekat harkat, martabat, dan hak sebagai manusia",ungkap Risnawanto.


Wabup sangat mendukung dan mengapresiasi DPPKBP3A yang telah memberikan segala daya dan upayakan untuk memberikan harkat, martabat dan hak-haknya kepada anak di Pasbar.


"Pemerintah secara konsisten juga telah berupaya untuk memberikan jaminan terhadap pelaksanaan hak maupun perlindungan terhadap anak melalui Perda Kabupaten Layak Anak,"lanjutnya.


Ia menambahakan, pemerintah juga memfasilitasi partisipasi anak untuk didengarkan pendapatnya yang laksanakan di kegiatan Musrembang Anak Tingkat Kabupaten Pasaman Barat yang di motori oleh Forum Anak Pasbar.


Wabup Risnawanto berharap Peringatan Hari Anak Nasional ini mampu menjembatani keinginan anak-anak Daerah Pasbar dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat.


Sementara itu, Kepala DPPKBP3A Pasbar, Anna Rahmadia menjelaskan bahwa Peringatan Hari Anak Nasional diperingati setiap Tanggal 23 Juli, dan untuk di Kabupaten Pasaman Barat baru bisa di peringati hari Ini. 


"Peringatan HAN Pasbar tahun ini mengangkat tema 'Anak Terlindungi, Pasaman Barat Maju'. HAN merupakan bagian penting dalam upaya bersama mengampanyekan pemenuhan hak dan perlindungan anak,"kata Anna Rahmadia.


Keterlibatan anak dalam penyampaian aspirasi lanjutnya, bertujuan untuk meningkatkan  pemahaman terhadap hak anak untuk dapat hidup, tumbuh dan berkembang, mampu menjadi pelopor hal positif bagi anak-anak dan pelopor terhadap kejadian kekerasan terhadap anak.  Meningkatkan silaturahim anak-anak se Kabupaten Pasaman Barat guna mewujudkan Pasbar menjadi Kabupaten Layak Anak.


"Alhamdulillah, peringatan HAN hari ini dapat terlaksana dengan baik. Ini semua berkat kerja sama  Forum Anak bersama Pemkab Pasbar,"imbuhnya.

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre