Breaking News

Kepsek SD Negri 01 Jaya Makmur Di Duga Selewengkan Dana BOS


Tulang Bawang(Lampung), Figurnews.com

Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SD Negeri 01 Jaya Makmur Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung di tengarai syarat penyimpangan sehingga mendapat sorotan miring dari sejumlah penggiat anti korupsi di kabupaten setempat.

Salah satunya, hal itu disampaikan oleh ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Pergerakan Masyarakat Analisis Kebijakan (PEMATANK) Dewan Perwakilan Cabang Tulang Bawang, Junaidi Romli menyampaikan, uang negara yang di alokasikan melalui dana BOS di SD N 01 Jaya Makmur dicurigai terdapat aksi kecurangan dan tidak di terapkan sesuai regulasi semestinya.

"Dengan keseluruhan pagu anggaran yang diterima selama tahun 2020 hingga mencapai ratusan juta rupiah, saya mencurigai jika penggunaannya terdapat aksi kecurangan oleh kepala sekolah setempat, sehingga penggunaan dan laporan yang di cantumkan sangat tidak singkron bahkan terdapat beberapa item yang di fiktipkan," ujar Junaidi saat di temui ruang kerjanya, Senin (01/11/21).

Kecurigaan tersebut, kata Junaidi, merujuk pada beberapa item yang dinilai tidak masuk akal, seperti contoh dari hal kecil, mengenai kegiatan ekstra kulikuler sekolah yang diduga tidak di terapkan namun di anggarkan dengan nilai yang cukup fantastis.

"Pada saat itu dimasa pandemi pembelajaran dilakukan secara daring, justru penggunaan dana BOS pada kegiatan pembelajaran dan ekstra kulikuler yang di anggarkan dengan jumlah yang cukup besar, oleh sebab itu kami mencurigai telah terjadi aksi tipu-tipu yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab guna keuntungan, semata" tegasnya.

Junaidi menambahkan, selain pada kegiatan pembelajaran dan ekstra kulikuler terdapat juga aksi kecurangan pada pengelolaan dana BOS pada tahap ke 3 di tahun 2020 sehingga terdapat sejumlah dana yang raib di gondol oknum kepsek setempat.

"Pada tahap ke 3 di tahun 2020, ada sisa dan yang tidak di gunakan sebanyak 6 juta lebih, dan itu dugaan kami sengaja di tilap oleh oknum kepsek tersebut," kata Junaidi.


Dari hal tersebut, Junaidi menegaskan, dalam waktu dekat akan melaporkan kecurangan ini kepada aparat penegak hukum setempat.

"Sudah tentu kami akan segera melaporkan temuan-temuan ini kepada aparat penegak hukum, bahkan kami minta jika terbukti bersalah, oknum ini harus di hukum seberat-beratnya," tegasnya.

Sementara, salah satu guru setempat yang tak ingin di sebut namanya saat dipintai keterangan beberapa waktu lalu membeberkan, terkait pengelolaan dana BOS di SDN 01 Jaya Makmur sejauh ini tidak ada ketransparanan oleh kepala sekolah terhadap dewan guru lainnya.

"Yang kami tau hanya saja jika barang atau lainnya sudah ada dan terbeli, selebihnya kami tidak mengetahui, apalagi yang namanya RKAS hingga saat ini kami tidak tau bagaimana bentuk dan isinya," bebernya.

Di lain sisi, EM kepala SDN 01 Jaya Makmur saat di konfirmasi mengakui dirinya telah melakukan kesalahan dengan alasan jika dirinya sudah tua sehingga banyak lupa.

"Memang benar waktu penyusunan SPJ kami telah di periksa inspektorat, namun saya minta maaf kalau ada kesalahan mohon di maklumi karena saya sudah tua dan mohon di bantu apa enggak kasihan lihat saya jika masuk penjara," katanya.tim



Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre