Breaking News

Kegiatan PKN 2021 Diselenggarakan Secra Virtual Melalui Alam Takambang Jadi Guru

 


Jakarta, Figurnews.com--Sutradara ternama Riri Riza ikut meramaikan rangkaian kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021 yang diselenggarakan secara virtual melalui film berjudul "Alam Takambang Jadi Guru: Serambi Minangkabau".

Film besutan Riri Riza ini mengangkat keunikan dari kawasan perkampungan adat Nagari Saribu Rumah Gadang, Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar).

Riri Riza mengaku bangga dan berterima kasih kepada Direktorat Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) karena telah dipercaya menggarap film tersebut.

Menurut Riri, dalam pembuatan film ini disambut baik oleh masyarakat Solok Selatan. Ia juga menilai Saribu Rumah Gadang memiliki potensi wisata budaya yang potensial.

"Ini harus kita kembangkan karena memiliki banyak keunikan dan ciri khas tersendiri," ujar Riri dalam keterangan pers yang diterima, Rabu (24/11/2021).

Ketua Dekranasda Solok Selatan Erniati Khairunas mengatakan, masyarakat Solok Selatan merasa bangga daerah mereka menjadi lokasi syuting film yang akan digarap Riri Riza.

"Terima kasih buat Mas Riri dan kru lainnya, serta pihak kementerian yang telah memilih kawasan Saribu Rumah Gadang ini sebagai lokasi syuting film dalam rangka PKN ini," ungkapnya.

Erniati menyebut adanya produksi film ini, otomatis akan ikut membantu promosi Solok Selatan, khususnya kawasan Saribu Rumah Gadang. Kawasan tersebut merupakan kawasan wisata budaya yang unik dan berbeda dengan perkampungan lainnya.

Sementara itu, Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan PKN 2021 yang berlangsung sejak 19 hingga 26 November 2021 ini dapat disaksikan setiap hari oleh masyarakat melalui berbagai platform yang telah disediakan, yakni kanal budaya Indonesiana TV di Indihome saluran 200 (SD) dan 916 (HD), laman PKN.id, dan juga kanal Youtube Budaya Saya, yang dimulai pukul 20.30 WIB hingga selesai. Selain itu untuk kegiatan penutupan, 26 November 2021 dapat diakses langsung melalui TVRI.

Hilmar menuturkan, melalui berbagai program PKN diharapkan dapat menggugah masyarakat untuk menemukan kembali kekayaan sandang, pangan, dan papan yang bersumber dari kearifan lokal untuk menjawab tantangan kehidupan di masa mendatang sesuai dengan tema PKN tahun ini tentang " Cerlang Nusantara, Pandu Masa Depan".

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat kembali mengenali jati diri dan khazanah budaya bangsa sebagai suatu aset," tegas Hilmar.

Dalam mengimplementasikan tema tersebut, Hilmar mengatakan, program-program pada PKN 2021 disusun berdasarkan pada sandang, pangan dan papan, sebagai hal fundamental dalam kehidupan masyarakat.

"Sehingga kita hadirkan para sutradara untuk memproduksi tayangan ragam budaya yang mengambil tempat di sejumlah lokasi yang sudah dikenal oleh masyarakat," kata Hilmar.

Lokasi destinasi yang memiliki khazanah budaya seperti Solok Selatan, Sulawesi Selatan, Nias Selatan, Kalimantan Timur, Borobudur, Banda Neira, Danau Toba, Sumba Timur, Muarajambi, Tana Toraja, dan Labuan Bajo.

"Melalui tayangan berupa kekayaan budaya yang dirangkum menjadi tayangan variety show dan juga star jamming yang bertutur dan bercerita. Ini diharapkan menjadi tayangan alternatif yang dapat menggugah dan menumbuhkan minat masyarakat untuk mengenal dan mencintai kearifan-kearifan lokal yang berada di sekitar mereka masing-masing," pungkasnya.(Beritasatu.com)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre