Breaking News

 


Kahairuddin Simanjuntak Anggota DPRD Sumbar Reses Ke Pasaman, Jemput Aspirasi Masyarakatnya


Pasaman(Sumbar), Figurnews.com

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat mengisi istirahat  ini dengan melakukan kunjungan kerja ke daerah pemilihan (Dapil) masing-masing. Kunjungan tersebut adalah dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat/konstituen untuk dijadikan sebagai bahan kajian DPRD untuk dimasukkan ke dalam pokok-pokok pikiran DPRD dalam pembahasan program pembangunan ke depan.

Dalam hal ini,  Khairudin Simanjutak anggota DPRD Sumatera Barat beberapa hari ke depan, melakukan kunjungan dan ini merupakan suatu kewajiban anggota dewan dalam melaksanakan fungsinya.


Reses masa sidang pertama ini berlangsung dari tanggal 25 sampai tanggal 29 Oktober 2021  mendatang sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Rapat Banmus bersama Pemerintah Daerah, Anggota DPRD mengisinya dengan kunjungan ke daerah pemilihan untuk menjemput aspirasi masyarakat/konstituen masng-masing. Dalam kegiatan tersebut, Khairuddin Simanjuntak juga didampingi oleh Arnelly Amran dan Rike Okia dari Staf DPRD Sumbar.        

Kahairuddin menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk berkunjung wilayah pemilihan untuk menampung aspirasi masyarakat yang nantinya akan kita bahas dengan pihak OPD Provinsi Sumbar.

"Dalam hal ini, selama 4 hari saya berkunjung di empat kecamatan Kab. Pasaman. Masing-masing Kecamatan Padang Gelugur, Kecamatan Rao Selatan, Kecamatan Panti dan Kecamanytan Duo Koto Pasaman." sebut Kahairuddin Simanjuntak disela-sela kesibuknya.


Lanjut Khairuddin, "dalam pertemuan dengan masyarakat dan juga beberapa kelompok petani menyampaikan beberapa hal dan salah satunya mesin traktor sawah. Mereka sangat dalam meringan kerja mereka dalam mengolah tanah sawah sebelum ditanami."

"Aspirasi yang ditampung dari masyarakat ini nantinya akan dikaji di DPRD secara kelembagaan, dari hasil kajian akan disusun berdasarkan skala prioritas menjadi pokok-pokok pikiran DPRD dalam penyusunan rencana pembangunan daerah," ujarnya.

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Supardi, terkait kunjungan dapil dalam rangka mengisi reses tersebut sangat berharap, anggota DPRD dapat menjaring aspirasi yang benar-benar urgen bagi kepentingan masyarakat luas. Sebagai perwakilan masyarakat di pemerintahan, anggota DPRD harus memiliki keberpihakan terhadap masyarakat dalam perencanaan pembangunan daerah.

"Jadi kami sangat berharap, anggota DPRD benar-benar memanfaatkan kesempatan ini untuk menampung aspirasi dari konstituennya. Menjaring aspirasi sekaligus berkomunikasi dengan masyarakat sehingga terjalin hubungan kerjasama yang lebih baik lagi," harapnya.

Menampung aspirasi masyarakat, ujarnya, merupakan salah satu tugas dan tanggungjawab anggota legislatif selain tiga tugas pokok dan fungsi (tupoksi), penganggaran, legislasi dan pengawasan. Semua itu saling berkaitan karena untuk memasukkan pokok-pokok pikiran DPRD ke dalam rencana pembangunan harus melewati proses penganggaran.

"Ketika menemui masyarakat konstituen, sekaligus bisa dimanfaatkan guna melakukan tugas pengawasan untuk mengevaluasi program pembangunan yang telah berjalan," tutupnya. (Yn)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre