Breaking News

Gubernur Tegaskan Komitmen Kuat Pemerintah untuk UMKM



Balikpapan - Figurnews.com - Gubernur Isran Noor menegaskan sikap Pemprov Kaltim yang akan terus memberikan perhatian terhadap eksistensi pelaku ekonomi kreatif dan UMKM.

Penegasan itu disampaikan Gubernur Kaltim H Isran Noor ketika mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

"Pemerintah provinsi terus berkomitmen kuat untuk membantu pelaku usaha  ekonomi kreatif dan UMKM, terutama di masa pandemi saat ini," kata Gubernur pada Apresiasi Kreasi Indonesia  2021 di Plaza Balikpapan, Selasa (30/11/2021).

Bukti perhatian pemerintah itu lanjut Gubernur adalah dengan memberikan dukungan modal bagi para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM yang hampir seluruhnya terdampak pandemi Covid-19.

"Di Kaltim ada lebih 307.000 UMKM. Bantuan modal yang kita berikan lewat BPUM tidak kurang dari Rp 450 miliar," ungkap Isran disambut tepuk tangan Menteri Sandiaga Uno dan hadirin.

Bantuan modal itu diberikan, tentu setelah dilakukan pendataan secara akurat mulai dari kabupaten dan kota, provinsi dan diteruskan ke pemerintah pusat.

"Lapor ke Pak Wali, lapor  ke saya, saya lapor ke Bu Hetifah (Anggota Komisi X DPR RI)," canda Gubernur.

Menteri Sandiaga pun memberi motivasi. Saat ini pemerintah memang terus berupaya memberikan bantuan dengan berbagai program, namun ia berharap pandemi Covid-19 segera berlalu.

"Saya yakin, Balikpapan, Kalimantan Timur akan mampu bertumbuh, tangguh dan mampu menyejahterakan rakyatnya," ucap Sandiaga Uno.

"Jadi Bu Hetifah. Tolong tahun depan anggaran untuk UMKM dan ekonomi kreatif ditambahkan," imbuhnya menimpali.

Acara juga diisi tanya jawab bersama para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM. Beberapa di antaranya mengeluhkan tingginya biaya pengiriman menggunakan pesawat dan bagasi berbayar. 

"Tidak sedikit pembeli kami membatalkan rencana membeli karena tingginya ongkos pengiriman dan bagasi berbayar," keluh seorang  pelaku UMKM kerajinan rotan. 

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Wali Kota Balikpapan Rahmat Mas'ud. Peserta juga mendapat tambahan ilmu dari Ridho Slank tentang kiat bertahan di tengah masa pandemi dengan kreativitas.

Menteri Sandiaga Uno juga sempat berkeliling stan didampingi Gubernur Isran Noor. Dia juga sempat membeli sejumlah produk UMKM. Salah satunya Batik Kilang yang dibeli Sandiaga Uno seharga Rp 1,5 juta untuk satu lembar kain.

"Kami ini Rogana. Rombongan gak pakai nawar," kata Sandi usai membeli kain batik bercorak kilang minyak khas Kota Balikpapan. (*****)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre