Breaking News

 


Festival Pesona Minangkabau 2021 Kembali Pecahkan Rekor MURI

Tanah Datar, Figurnews.com - Festival Pesona Minangkabau adalah event Pesona Wisata dan Budaya Minangkabau terbesar di  Sumatera Barat termasuk Kharisma Event Nusantara Kemenparekraf tahun 2021. 

Festival ini digelar dalam rangka melestarikan nilai-nilai  budaya Minangkabau dan mempromosikan pesona wisata Tanah Datar. Hal ini telah ditetapkan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia sebagai salah satu dari 100 Wonderful Event di Indonesia sejak tahun 2017.

Ditahun 2021 ini event ini kembali digelar dengan prokes yang sangat ketat selama dua hari Sabtu-Minggu (13-14) November 2021 dan dipusatkan di Istano Pagaruyung. Event ini mengangkat budaya dan kearifan lokal yang ada di Sumatera Barat khususnya Kabupaten Tanah Datar.

Menampilkan berbagai atraksi budaya unik yang ada dan masih berkembang ditengah-tengah masyarakat seperti makan bajamba, Pawai Budaya, seni tari dan lagu tradisional, pameran benda-benda pusaka dan juga pameran potensi pariwisata dan ekonomi kreatif lainnya.

Pelaksanaan festival memenuhi syarat yang sudah ditentukan yakni menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dan memenuhi unsur CHSE yakni: Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan). Pengunjung  juga harus mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan, menjaga jarak dan membatasi jumlah pengunjung. 


Usai dibuka secara resmi oleh Bupati Eka, dilanjutkan dengan pemukulan gendang yang didampingi oleh Wakil Bupati, Perwakilan Kemenparekraf, Gubernur Sumbar, Ketua DPRD Tanah Datar.


Dan satu lagi yang harus diperhatikan yaitu setiap pengunjung harus melihatkan tanda telah divaksinasi. Bagi pengunjung yang belum vaksin, akan diarahkan untuk vaksinasi terlebih dahulu, karena dipintu masuk disediakan tempat vaksinasi dengan tenaga kesehatan yang telah disediakan.

Sebelumnya Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Asisten Administrasi Umum Andri Yulika mengatakan, Pemerintah Provinsi menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas komitmen Pemerintah Tanah Datar yang terus mengambil inisiatif dan peran aktif dalam menggelar event.

"Event merupakan roh dari sebuah daya tarik wisata dimana tanpa sebuah event akan terasa kering dan tidak ada pengalaman yang melekat dihati pengunjung," tuturnya.

Menurutnya, event Pesona Minangkabau ini merupakan event tahunan pemerintah Tanah Datar yang sudah dimulai sejak tahun 2014. Dengan perjalanan event yang rutin setiap tahunnya, event ini diusulkan oleh pemerintah Provinsi Sumatera Barat menjadi event nasional sejak tahun 20217. Dimana saat itu namanya adalah event COE ( Calender Of Event) nasional dan sejak tahun 2017 tersebut event Pesona Minangkabau terpilih sebagai event Nasional sampai tahun 2019.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang diwakili oleh Direktur Event Daerah Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kementerian Pariwisata, Ekonomi Kreatif Reza Fahlevi, juga menyampaikan apresiasi atas terlaksananya Festival Pesona Minangkabau ini. Menurutnya, pariwisata Tanah Datar akan segera pulih dengan adnya event ini.

"Tanah Datar akan segera pulih pariwisatanya dengan magnet alam dan budaya. Tanah Datar akan jadi salah satu destinasi unggulan karena memiliki desa terindah, danau, alam yang indah. Dan ini adalah sesuatu yang harus dibanggakan," katanya.

Sementara Bupati Tanah Datar Putra menguraikan, Festival Pesona Minangkabau adalah helatan Pemerintah Tanah Datar yang berisikan pagelaran seni budaya, promosi wisata, kuliner dan kearifan lokal Minangkabau lainnya.

Event tahunan ini diharapkan dapat menjadi sarana menumbuhkan semangat dan motivasi kita dalam upaya menggali, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya yang hidup, tumbuh dan berkembang didalam kehidupan masyarakat Minangkabau," ucapnya, saat membuka Festival Pesona Minangkabau, Sabtu (13/11/2021) dihalaman Istano Pagaruyung.

Bupati Eka menjelaskan, ada tiga hal yang diharapkan dalam penyelenggaraan Festival Pesona Minangkabau yaitu peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat, terpeliharanya adat istiadat dan budaya Minangkabau serta mempromosikan pesona budaya, wisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Tanah Datar.

Usai dibuka secara resmi oleh Bupati Eka, dilanjutkan dengan pemukulan gendang yang didampingi oleh Wakil Bupati, Perwakilan Kemenparekraf, Gubernur Sumbar, Ketua DPRD Tanah Datar.

Dan tak kalah menarik adalah penampilan dari anak nagari Tanah Datar mulai dari TK, SD, SLTP, SLTA, Nagari, melakukan tari piring secara virtual dan tercatat lebih kurang 9000 orang penari dan berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia.

Bupati Eka Putra, Wakil Bupati dan didampingi dari Kementerian Pariwisata, Gubernur Sumbar langsung menerima Sertifikat MURI yang diserahkan oleh perwakilan MURI Triyono. (SUTAN/ADV)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre