Breaking News

Diduga Kurangnya Pemanfaatan Dana Bos SDN 216/VI Jelatang Sangat Tidak Terawat

 


Merangin (Jambi) Figurnews.com – Sungguh memprihatinkan, semuanya seakan sudah komplikasi dan bagai penyakit yang sudah akut. Begitulah, kondisi sarana-prasarana belajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 216 Jelatang II, Kecamatan Pamenang, Kabupaten Merangin, Jambi.

Pantauan Demokratis, SDN 216 Jelatang ini memang tidak pernah terawat setiap tahunnya sehingga sangat mengganggu proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Hal ini disebabkan adanya unsur kesengajaan yang dilakukan oleh pihak sekolah.

Sekolah tersebut terkesan kumuh karena tidak terawat dan tidak ada perbaikan dan pemeliharaan gedung dan sarana-prasarana belajar.

Bebeberapa ruangan belajar, kamar mandi siswa sangat lah jorok, dan juga gedung sekolah yang termasuk tidak terawat.

Berdasarkan pantauan media ini di lapangan, (26/11/21) terpantau disekitar ruang kelas sangat kumuh dan tidak terawat dengan baik serta kebesihannya kurang di perhatikan, bahkan plang merek tulisan Sekolah Dasar pun sudah tidak kelihatan lagi.

Padahal sebelumnya SD Negeri 216/VI Jelatang II ini pernah mendapat kucuran dana BOS Apirmasi dari Pusat,

Sesuai dengan Juknis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI telah yang telah mengeluarkan program terkait pemenuhan kebutuhan sekolah yang bernama BOS (Bantuan Operasional Sekolah) Afirmasi. Program itu dapat diperuntukkan untuk beragam keperluan sekolah di tingkat Sekolah Dasar hingga SMA (Sekolah Menengah Atas) atau sederajat. 

Namun lagi-lagi, bantuan tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik oleh pihak sekolah, hal ini dibenarkan oleh Kepala SDN 216 Jelatang, Subandi.

Dijumpai media ini di kediaman nya Subandi mengakui Jika sekolah yang ia nahkodai tersebut memang sangat ketinggalan, menurutnya hal ini disebabkan karena minimnya jumlah murid yang ada di sekolah tersebut.

"Ya murid kami sangat sedikit pak, jadi anggaran pun sangat minim, dan terkait BOS Apirmasi memang pernah dapat, dana tersebut kami belikan alat-alat komputer, namun karena kami khawatir barang-barang tersebut hilang, untuk itu alat-alat komputer tersebut kami taruk di di rumah kami," demikan ucap Subandi.

Melihat hal ini sudah selayaknya pihak dari  Dinas Pendidikan Kabupaten Merangin memanggil dan memeriksa Kepala Sekolah Subandi Spd untuk dipertanyakan perihal tidak terawatnya gedung sekolah tersebut.

Selain itu,pihak–pihak yang berkompeten juga harus memeriksa dan menindak tegas jika adanya laporan maupun pemberitaan tentang penggunaan dana BOS maupun BOP yang tidak sesuai dengan juklak dan juknisnya.

(Umar Khatab)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre