Breaking News

Dalam Bimtek Jurnalistik, Hudayat Menjelaskan Bahwa Dana Hibah Jangan Digelembungkan

PADANG-Figurnews.com-Ketua Fraksi Gerindra Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat Hidayat mengingatkan agar dana hibah jangan digelembungkan (mark up). Selain itu, kegiatan yang didanai jangan sampai fiktif.

Hal itu ditegaskan Hidayat saat menjadi narasumber dalam Bimbingan Teknis Jurnalistik bertema Politik Anggaran di Padang, Sabtu (27/11/2021). Dia menegaskan, setiap permohonan dana hibah untuk kelompok masyarakat atau organisasi harus jelas sesuai dengan aturan.

“Untuk organisasi harus jelas, memiliki badan hukum, struktur kepengurusan, sekretariat serta program yang diajukan sejalan dengan pemerintah daerah,” kata Hidayat.

Jika semua syarat terpenuhi, lanjutnya, permohonan hibah tersebut bisa diproses dan DPRD akan membantu mengupayakan masuk di dalam APBD.

Dia menjelaskan, untuk organisasi bisa mengajukan permohonan dana hibah untuk kepentingan organisasi dan membiayai program kegiatan. Misalnya pembenahan sarana prasarana sekretariat, pembelian peralatan kantor dan sebagainya.

“Sepanjang bukan fiktif dan tidak digelembungkan, serta persyaratan terpenuhi akan diusahakan,” ujarnya.

Dalam Bimtek tersebut, Hidayat juga memaparkan alur dan mekanisme pembahasan APBD. Mulai dari perancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA PPAS), pemyusunan rancangan program kegiatan hingga pembahasan dan penetapan APBD dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda).

Bimtek Jurnalistik tersebut merupakan program Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Provinsi Sumatera Barat. Program tersebut merupakan pokok-pokok pikiran Hidayat dengan tujuan untuk memberikan pengayaan pengetahuan kepada wartawan terkait politik anggaran. Berlangsung selama tiga hari pertemuan tatap muka dan dua hari kunjungan lapangan dengan tujuan empat daerah yaitu Kabupaten Solok Selatan, Pasaman, Pasaman Barat dan Dharmasraya. *

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre