Breaking News

 


Bupati Eka Putra : UMKM Salah Satu Pilar Perekonomian

Tanah Datar, Figurnews.com - Pelatihan Strategi Managemen dan Market Place bagi wirausaha pemula, diharapkan mampu mengatasi berbagai permasalahan perekonomian dalam mendukung percepatan program unggulan (Progul) Tanah Datar yakni membuka 1.000 lapangan kerja dan wirausahawan. 

Hal itu disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra saat membuka pelatihan yang diperuntukkan bagi Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) di Tanah Datar 2-4 November 2021, di Aula Hotel Emersia and Resort, Batusangkar, Selasa (2/11/2021). 

“Melalui penyelenggaraan Pelatihan Strategi Managemen dan Market Place kita harapkan terwujud angkatan kerja yang mampu mengisi lapangan kerja yang tersedia, karena ke depan Kabupaten Tanah Datar akan terus mengalami kemajuan sejalan dengan misi kedua, tertuang di RPJMD tahun 2021-2026 yakni Meningkatkan Ekonomi Masyarakat dan Perluasan Lapangan Kerja Yang Berbasis Pertanian dan UMKM dengan progulnya menciptakan usahawan baru dan lapangan pekerjaan,” ujar Bupati Eka. 

Tak hanya itu, Bupati Eka juga harapkan UMKM juga sebagai pilar perekonomian, melalui pelatihan ini UMKM yang ada di wilayah Kabupaten Tanah Datar  memanfaatkan digitalisasi dengan sebaik-baiknya untuk bisa mengembangkan UMKM yang berbasis digitalisasi melalui media sosial seperti facebook, instagram, serta market place seperti tokopedia dan shopee. 

"UMKM itu pilar perekonomian nasional, untuk itu perlu strategi khusus agar bisa bersaing. Saat ini ada beberapa kelemahan kita, diantaranya pelaku UMKM tidak memahami ilmu manajemen, cara memasarkan produk juga belum maksimal serta tidak mampu memanfaatkan media sosial," ujar Eka Putra. 

Untuk itu tambah Bupati, dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan pelaku UMKM se Tanah Datar bisa memanfaatkannya dengan baik sehingga nantinya mampu bersaing dalam situasi pasar apapun. 

“Mari manfaatkan kegiatan kita ini sebagai wadah untuk bertukar pikiran dan informasi demi pengembangan dan pemberdayaan UMKM di kabupaten Tanah Datar, dan tentunya akan meningkatkan taraf perekonomian masyarakat," ajak Bupati Eka. 

Bupati juga ingatkan dalam menghadapi tantangan perekonomian di masa pandemi Covid-19 ini pelaku UMKM harus terapkan prokes untuk menarik konsumen sebagai contoh tuliskan di depan toko atau di medsos “pemilik dan karyawan sudah di vaksin dan menerapkan prokes”. (Pro/SUTAN)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre