Breaking News

Bupati Eka Harapkan Komoditi Jagung Harus Ditingkatkan

Tanah Datar, Figurnews.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan, salah satu target dari programnya adalah jagung. Hal ini menurutnya di Tanah Datar ini ada lebih kurang 2,5 juta ekor ayam milik peternak. Itu membutuhkan pakan jagung sekitar 150 ton/hari.

"Untuk memenuhi itu para peternak ayam masih mencari dan membeli jagung dari luar sebab produksi jagung kita di Tanah Datar tidak mencukupi", kata Bupati Eka, Selasa (9/11/2021) di Lintau Buo. 

Bupati berharap kepada para petani untuk menanam jagung bagi masyarakat yang memiliki lahan kosong, karena Pemerintah daerah telah menyiapkan bantuan bibit jagung unggul melalui dinas pertanian 

"Ini kita lakukan, karena selama ini banyak ditemui dilapangan bibit yang diberikan kepada petani bukan bibit unggul. Sehingga hasil panennya pun tidak maksimal dan hasilnya tidak sesuai dengan biaya yang telah dikeluarkan," ungkapnya. 

Tanah Datar tambah Bupati saat ini kekurangan jagung. Untuk itu ia berharap semua masyarakat petani di Tanah Datar sudah bisa swasembada jagung, bila perlu bisa mengekspor jagung kedaerah lain seperti kabupaten 50 Kota yang kebutuhan jagungnya juga tinggi. 

"Jagung merupakan komoditi potensial yang perlu terus dikembangkan. Dan kepada kelompok tani dipesankan agar bisa mempergunakan kesempatan ini dengan serius dalam bercocok tanam dengan harapan kalau saat ini kelompok menerima zakat namun nantinya akan beralih menjadi muzaki atau pemberi zakat. 

Sementara kepada jajaran dinas pertanian juga diminta untuk melakukan pendampingan terhadap program ini. "Jangan biarkan petani sendiri, dampingi mereka terus sampai panen agar hasilnya nanti akan bagus," pesannya. (Pro/SUTAN)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre