Breaking News

 


BRIN: Hasil FTL Mentawai Ungkap Nilai Budaya dan Jadi Branding Lokal

Foto: Tugu Sikerei di Jl. Raya Km-09, Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara. Selasa, (23/11/2021).

MENTAWAI. FN- Festival Turuk Laggai (FTL) sebagai bagian dari kegiatan Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) dan kegiatan Pemerintah Daerah Mentawai, diharap mampu mengungkap nilai kebudayaan dan merawat tradisi masyarakat di Mentawai. 

Kemudian hasilnya nanti dapat digunakan untuk membentuk branding identitas kewilayahan Mentawai sekaligus merumuskan strategi transmisi tradisi. 

Menurut Prof. Obing Katubi, seorang peneliti utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tradisi lisan adalah seluruh aspek tradisi yang diwariskan secara turun temurun atau generasi ke generasi dengan menggunakan sarana lisan. 

Menurutnya, aspek tradisi lisan bukan hanya sekadar cerita, tari-tarian, nyanyian, dan tato namun juga termasuk Uma (rumah adat) sebagai kebudayaan material yang sarat dengan nilai tradisi. 

"Uma orang Mentawai meskipun  berupa kebudayaan material, juga termasuk tradisi lisan, karena Uma diwariskan dari generasi ke generasi secara lisan," ungkapnya pada acara Opening Festival Turuk Laggai dan Konferensi Internasional Tradisi Lisan Budaya Mentawai di Bujai Hotel, Jl. Raya Km-07, Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara, Tuapejat, Senin (22/11/2021). 

Kajian tradisi lisan itu dikatakannya dapat dimanfaatkan untuk menciptakan branding identitas kewilayahan Mentawai. "Jadi, bagaimana wilayah kepulauan Mentawai ini memiliki branding identitas sebagai sesuatu yang mudah diingat oleh masyarakat lain, seperti di negara Singapura yang memiliki branding Singa, itu yang harus dipikirkan" tambah Prof. Obing Katubi. 

Penciptaan branding identitas kewilayahan berbasis nilai kebudayaan itu nantinya dapat digunakan sebagai wahana  pengembangan pariwisata di Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

Selain itu, branding identitas tersebut nantinya juga dapat digunakan untuk kemasan produk olahan pangan setempat, sebagai oleh-oleh, yang mudah dikenali dan diingat wisatawan. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre