Breaking News

 


BNNK PASBAR SIAP HADAPI GUGATAN PRAPERADILAN KASUS GANJA

 


Pasaman Barat,Figurnews.com

Badan Narkotika Nasional  Kabupaten Pasaman Barat (BNNK Pasbar) tetap pada sikapnya, menghadapi  gugatan praperadilan dari pihak pemohon RD tersangka yang diduga kuat terlibat dalam jaringan sindikat Narkoba. Sebagai termohon sidang praperadilan ini, BNNK Pasbar siap hadapi di Pengadilan Negeri Pasaman Barat (PN PSB) yang digelar, Jum’at lalu (05/11/2021).

Sidang perdana yang dipimpin lansung oleh Hakim tunggal Suspim Nainggolan  tersebut, baru pada tahapan pembacaan permohonan dari pihak pemohon.

Dijadwalkan sidang praperadilan selanjutnya dilaksanakan pada Senin (08/11/2021) yakni pembacaan jawaban dari pihak BNNK Pasbar.


Kepala BNNK Pasbar, Irwan Effery nyatakan sikap yaitu penangkapan yang dilakukan terhadap Pemohon Karena penangkapan ini sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada maka sudah seharusnya dinyatakan sah," katanya.


BNN juga menjelaskan bahwa penahanan yang dilakukan terhadap tersangka  pada 23 September 2021, sesuai perundang-undangan.

"Kita tidak berandai andai. Kita sudah siap hadapi di persidangan nantinya sampai tahap persidangan pembuktian, alat-alat bukti dan proses pembuktian," pungkasnya.

"Kita wajib membuktikan kesalahan tersangka atau terdakwa dipersidangan, termasuk pengakuan tersangka saat ditangkap, saksi dan hasil pemeriksaan baik ditingkat penyidik,   begitu juga nantinya ditahap penuntutan dan pemeriksaan di persidangan" jelasnya.

"Tinggal lagi, kita tunggu saja putusan praperadilan ini, Insyaallah BNNK tetap berantas narkoba sesuai Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika". 

Terkait dengan penangkapan dan penahanan tersebut, Ia menjelaskan ketika itu Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Pasbar bekerjasama dengan BNNK provinsi sumbar menangkap  tersangka dan  mengamankan empat karung warna putih yang berisi sejumlah paket besar narkotika jenis ganja.  

 "Pemohon ditangkap di Kejorongan Tamiang Kecamatan Ranah Batahan, yang terjadi pada 23 September 2021 lalu,".

Saat itu, dua orang yang diduga pelaku “R”  (35) dan “S”  (42) ditangkap di dekat Jembatan Taming Jorong Taming Batahan, Kenagarian Batahan, Kecamatan Ranah Batahan Pasaman Barat. Dan hasil pengembangan, pihak BNNK mengamankan dua orang pelaku lainnya AP  (29) dan R E  (29) di dalam kebun Sawit di Kenagarian Parit, Kecamatan Koto Balingka.

Berita terkait : https://www.figurnews.com/2021/11/bnnk-pasbar-siap-hadapi-gugatan.html

(DI)


Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre