Breaking News

Bimtek Keuangan Parpol, Jangan Maladministrasi Keuangan Berurusan Dengan Pihak yang Berwajib

Pasbar,Figurnews.com - Untuk tertibnya pengajuan penyaluran dan pelaporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan, Partai Politik (Parpol) diberikan sosialisasi dan pembinaan oleh Pemerintah Daerah melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik setempat, di auditorium kantor bupati setempat, Kamis (4/11). 

Wakil Bupati Pasbar Risnawanto dalam sambutanya mengatakan Parpol hadir di tengah-tengah masyarakat dengan tujuan untuk membangun nagari Tuah Basamo. Bupati dan wakil Bupati berasal dari Parpol, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) berasal dari Parpol, sehingga Parpol perlu menunjukkan eksistensi di tengah masyarakat dan tentunya dengan nilai-nilai yang baik.

"Salah satu nilai baik yang harus dipegang oleh setiap Parpol adalah tertib administrasi keuangan. Tertib administrasi pengajuan penyaluran dan pelaporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan. Partai politik itu suatu hal yang 'wajib' kita patuhi. Jangan karena salah administrasi keuangan berurusan dengan pihak yang berwajib,"kata Risnawanto.

Sebagai pejabat negara yang menggunakan keuangan negara harus ada aturan. "Tidak bisa sesuka hati dan apa maunya kelompok tertentu. Begitu juga dengan Parpol. Jika ada bantuan anggaran Parpol, maka harus diikuti dengan prosedur keuangan yang jelas,"tuturnya.

Jangan karena persoalan administrasi, keuangan negara, kata dia, bisa masuk dalam kategori korupsi. Dijelaskannya, sudah banyak contoh di tengah masyarakat tentang penyalahgunaan keuangan negara berujung meja hijau. 

"Jadikan itu semua contoh sri tauladan yang baik. Kita pengurus Parpol yang hadir hari ini jangan sampai salah dalam penggunaan dana bantuan Parpol. Di sini nanti pengurus Parpol akan diberikan sosialisasi oleh Kesbangpol, BPKAD dan Inspektorat. Merekah inilah yang menjelaskan kepada kita semua bagaimana menggunakan uang negara dengan baik dan benar, sesuai UU yang berlaku,"kata Risnawanto

Sementara itu, Bidang Budaya dan Politik Rafika Ihtiyari S. Sos mengatakan kegiatan tersebut digelar agar Parpol yang mendapatkan dana bantuan dari pemerintah bisa tertib administrasi. 

"Parpol kita diharapkan dapat mempertanggungjawabkan dana bantuan tersebut dengan baik. Ada 12 Parpol yang kita undang untuk menghadiri sosialisasi ini seperti Hanura, PKS, PKB, PAN, Golkar,  Gerindra, Nasdem, PBB, PDI P, Demokrat, PPP, Perindo,"ungkap Rafika.

(Dodi ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre