Breaking News

 


Agustus 2022, Bandara Rokot Ditargetkan Selesai

 

Foto: Menhub, Budi Karya Sumadi (tengah), Wagub Sumbar, Audy joinaldy (kanan) dan Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet (kiri) saat meninjau pembangunan Bandara Rokot. Sabtu, (22/11/2021).

MENTAWAI. FN- Bandar Udara (Bandara) Rokot di kabupaten kepulauan Mentawai ditargetkan pada bulan Agustus 2022 selesai. Upaya pembangunan konektivitas itu diharap mampu melepas status Mentawai sebagai daerah 3T. 

Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi pada kunjungan kerja (Kunker) progres pengerjaan bandara itu mengatakan, pembangunan bandara di Mentawai sebagai salah satu program pemerintah pusat. 

"Kami kementrian perhubungan ditugaskan Presiden untuk membangun konektivitas di daerah terluar, salah satunya di Mentawai sebagai pendukung sektor Pariwisata setempat," ungkap Menhub, Budi Karya Sumadi pada sambutanya di Bandara Rokot, Desa Matobe, Kecamatan Sipora Selatan. Sabtu, (20/11/2021). 

Dukungan itu lanjut dia, sebagai wujud dalam memenuhi kebutuhan transportasi cepat wisatawan ke kabupaten kepulauan Mentawai. Maka dengan itu akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. 

Melalui kerjasama antara pemerintah daerah, Menhub mendorong percepatan pembangunan Bandara di Mentawai. 

"Kekompakan ini juga harus mendukung penyelesaian bandara ini, kita rencanakan bulan agustus 2022 selesai," imbuhnya. Setelah selesai Menhub bakal meminta Presiden RI, Joko Widodo meresmikan. 

Menhub menyampaikan kepada pihak kontraktor untuk menambah jumlah peralatan dan pekerja. Sehingga penyerapan pekerjaan secepatnya selesai. 

Diketahui Bandara nantinya dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti, landasan pacu (Runway) dengan panjang yaitu 1500x30. Selanjutnya dilengkapi dengan pakiran pesawat (apron) berukuran 175x75 meter, landasan penghubung bandara (Taxiway) 75x15 meter. 

Fasilitas itu nantinya dapat menampung 3 Pesawat ATR 72. Saat ini pengerjaan sudah mencapai 42 persen. Pembangunan Bandara Rokot itu menyerap anggaran sebesar Rp547 milyar. 

Pada kunjungan kerja progres pengerjaan Bandara itu, Menhub didampingi Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy saat bertolak dari Bandara Minangkabau menuju Bandara Rokot Mentawai menggunakan Helikopter. (ev

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre