Breaking News

 


Warga Binaan Lapas Terbuka Pasaman Panen 4 Ton Jagung



Pasaman Barat, Figurnews.com
Warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Terbuka kelas II B Pasaman di padang Tujuah Kabupaten Pasaman Barat bersama petugas berhasil budidayakan jagung selama pandemi. Lahan seluas 12 haktere tersebut, mereka olah berbagai jenis tanaman dan budidaya sebagai bekal skil, setelah selesai menjalani masa hukuman.

Meski dalam susana pandemi COVID-19 dan dihadapakan dengan cuaca ekstrim, warga binaan LAPAS terbuka kelas II B Pasaman berhasil mengolah dan menanam jagung. Mereka menilai produktivitas jagung maksimal, meski sebagian besar dari mereka masih tahap belajar. 

Lahan yang berada dilingkungan Lapas diolah dan ditanami warga binaan bersama petugas secara berkelompok dan bertahap. Langkah itu diambil agar produkvitas dan pengolahan lahan bisa dilakukan secara maksimal termasuk dalam proses panen.

Hingga panen tahap kedua kemarin hasil jagung mereka sangat maksimal yakni mencapai 4 (empat) ton per hektare. Usaha dan budidaya ini bisa membantu pengembangan skil warga binaan kedepan dan mengisi waktu luang mereka selama di menjalani sisa hukuman.

Kepala Lapas terbuka kelas II B Pasaman Azhar mengaku program tanam jagung ini berdampak positif terhadap warga binaan.

"Semua kegiatan didampingi oleh penyuluh dan petugas, bantuan bibit dan biaya dari Kementan Ditjenpas, Bappenas dan Yayasan Waibi ini sejalan dengan kondisi alam dan kemampuan sebagian warga binaan", ungkap Azhar.

"Tujuannya meningkatkan skil tiga puluh dua warga binaan Lapas juga melakukan pelatihan sejumlah keterampilan, termasuk kegiatan usaha ikan ayam dan keterampilan lainnya yang bisa dilakukan meski terbatas dengan kondisi pandemi Covid-19," sambungnya.

Warga binaan berharap kedepan program pemberdayaan dan pertanian bisa terus dilakukan. Mereka menilai kegiatan tersebut bisa mendorong kemandirian kedepannya. Besar harapan hasil panen jagung bisa maksimal dan bisa dijual dengan harga tinggi
Panen jagung kali ini turut  dihadiri oleh Kabag Perencanaan Polres Pasaman Barat, Kompol Iqbal Lubis, Kepala Dinas Perikanan Arial Efendi, Kasatpol PP dan Damkar Hendri Wijaya dan stakeholder terkait lainnya. 

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Pasaman Barat melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Edy Murdani, mengapresiasi dan menyatakan dukungan kepada Lapas Terbuka Kelas Anak IIB Pasaman yang menjadi satu-satunya Lapas di Sumatera yang berhasil memberikan pembekalan langsung bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di bidang pertanian. 

"Kita juga mengapresiasi berbagai program yang dijalankan di sini, demi mewujudkan kemandirian Warga Binaan mulai dari bidang pertanian, peternakan dan lainnya. Kita berharap ini semua bisa menjadi bekal bagi warga binaan untuk kedepannya,"kata Edy Murdani.
(Dodi Ifanda)




Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre