Breaking News

 


Upacara HUT TNI dilaksanakan secara Virtual di Makodim 0307/ Tanah Datar

 

Tanah Datar, Figurnews.com

Bupati Tanah Datar diwakili Asisten I Drs.Suhermen mengikuti kegiatan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-76 secara virtual, di Aula Makodim 0307/Tanah Datar, Selasa (05/10/2021).

Upacara ini diikuti Ketua DPRD Tanah Datar Ronny Mulyadi, Bupati Tanah Datar diwakili Asisten I Drs.Suhermen, Dandim 0307/TD Letkol Inf Wisyudha Utama, Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo,S.I.K.,M.Si, Kapolresta Padang Panjang AKBP Novianto Taryono,SH,.S.I.K., MH, Wawako Padang Panjang Drs.Asrul, Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Agus Widarna ,SH, perwakilan Kejari Tanah Datar, Kajari Padang Panjang, pimpinan perbankan serta jajaran Polres dan Kodim 0307/TD.

Upacara dipimpin Presiden RI yang juga Panglima tertinggi TNI Ir Joko Widodo langsung dari Istana Negara RI didampingi Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin.

Dalam amanatnya Presiden Jokowi menyampaikan selamat hari ulang tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia,  juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran TNI yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa, menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, serta melindungi bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan.

Presiden juga menyinggung pandemi Covid-19. Bila diibaratkan sebagai perang, melawan virus Covid-19 saat ini seperti dalam perang yang berlarut-larut, perang yang sangat menguras tenaga, menguras pikiran, mental, dan semangat juang. Perang yang membutuhkan kewaspadaan, kecepatan, sinergi, dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Keberhasilan kita dalam menangani pandemi Covid-19 kata Presiden, tidak terlepas dari peran besar TNI. TNI yang selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan. Kemampuan perorangan, kemampuan satuan, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk alutsista telah digunakan dan dikerahkan dalam menunaikan setiap tugas yang diberikan.

Presiden juga minta kesigapan TNI untuk selalu diaktifkan dalam menghadapi spektrum ancaman yang lebih luas, seperti pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman siber, dan ancaman biologi, termasuk juga ancaman bencana alam.

Penguatan budaya strategis prajurit dan perwira TNI harus tetap menjadi fondasi utama transformasi pertahanan, yaitu TNI yang manunggal dengan rakyat, dengan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta yang defensif aktif dengan pertahanan berlapis, dan memanfaatkan lompatan teknologi militer dan investasi pertahanan yang terencana.

Untuk itu, presiden memerintahkan agar TNI terus melakukan adopsi dan inovasi teknologi mutakhir di negara kita, bergerak aktif dalam konsorsium industri pertahanan global, memegang teguh semangat kemandirian dan penguatan industri pertahanan dalam negeri untuk mewujudkan kekuatan pertahanan Indonesia yang lebih mumpuni. (SUTAN)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre