Breaking News

 


Tanah Datar Raih Penghargaan APE Tingkat Utama

 


Tanah Datar, Figurnews.com

Kabupaten Tanah Datar meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tingkat utama. Keberhasilan Kabupaten Tanah Datar meraih penghargaan APE tersebut diumumkan secara virtual, Rabu (13/10/2021).

Penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 Kategori Utama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia, merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan  pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Ada Empat Kategori Penerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Yaitu: Tingkat Pratama (Pemula), Tingkat Madya (Pengembang), Tingkat Utama (Peletakan dasar dan Keberlanjutan) dan Mentor.

Sementara itu, Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dinilai dari  tujuh komponen kunci antara lain : Komitmen (Perda PUG, Pergub PUG), Kebijakan (RPJMD, Renstra OPD), Kelembagaan (POKJA PUG, Focal POINT), Sumber Daya Manusia dan Anggaran (SDM Terlatih PPRG dan Jumlah Anggaran Provinsi Responsif Gender).

Juga Alat Analisis Gender (Gender Analisis Pathway (GAP) dan Gender Budgeting Statement (GBS), Data Gender (Data Terpilah Perempuan dan Laki terkait berbagai hal dalam Sumbar satu Data ) Partisipasi Masyarakat (PUSPA : Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan Dan Anak, anggotanya : Lembaga Masyarakat, Dunia Usaha dan Media). (***)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre