Breaking News

 


Seakan Kebal Hukum, PETI Gunakan Alat Berat Milik Udin dan Bandi Melenggang Bebas Tanpa Hambatan

 


Merangin (Sumbar), Figurnews.com-Sejumlah sungai dan lahan pertanian di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi saat ini sedang berada dalam ancaman yang serius, Aksi penambangan emas liar sudah sangat mengkhawatirkan. Penambang mengeruk aliran sungai dan rawa-rawa secara membabibuta, demi secuil emas, untuk kekayaan pribadi.

Pantauan media ini dilapangkan, Menguak fakta jika di lahan perkebunan sawit tepatnya di Desa Tanjung Benuang Kecamatan Pamenang Selatan, Kabupaten Merangin masih terdapat puluhan titik penambangan emas tanpa izin yang melenggang bebas tanpa hambatan.

Terkait dengan rusaknya ekosistem dan lingkungan sekitar tersebut di keluhkan oleh salah satu warga masyarakat setempat yang enggan ditulis namanya.

Kepada media ini ia mengatakan jika aktivitas PETI di Desa Tanjung Benuang tersebut sudah membabi buta.

“Saya sangat khawatir sekali terhadap rusaknya akibat PETI di Desa Tambang Mas ini,  karena sudah memporak porandakan lahan dan aliran sungai, saya minta kepada penegak hukum segera ambil tindakan dan menghentikan aktivitas PETI di area tersebut sebelum kerusakan lingkungan semakin parah,” demikian ucapnya.

Sementara itu ketika media ini mencoba mencari tahu tentang pemilik beberapa alat Dompeng yang berada di area ini, dan mendapatkan informasi jika beberapa Set mesin Dompeng yang menggunakan Alat Berat jenis Exsavator tersebut diantaranya adalah milik salah satu warga Desa Tanjung Benuang yang bernama Bandi dan satu alat lagi milik Udin warga Desa Lantak Seribu Kecamatan Renah Pamenang, dan hal tersebut di benarkan oleh beberapa pekerja PETI  saat di wawancarai oleh media ini.

“Iya ,ini milik Bos Din A3, dan yang di sebelah sana punya Bandi," demikian ucap salah seorang pekerja.

Terkait dengan permasalahan PETI tersebut, dan berdasarkan pantauan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Merangin telah mencatat seluas kurang lebih 2500 ha lahan yang telah rusak oleh aktivitas PETI.

Selanjutnya (15/9/21) Bupati Merangin telah mengumpulkan para Camat se Kabupaten Merangin untuk mencari solusi pemberantasan Aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang ada di Kabupaten Merangin.

Seperti yang di sampaikan oleh Bupati Merangin, H. Mashuri yang bertempat di ruang pola kantor Bupati Merangin (15/09/21).

“Ini sangat merugikan bagi generasi anak dan cucu kita nanti di karenakan kerusakan yang di akibatkan oleh PETI, dan yang terparah lagi di Daerah Aliran Sungai (DAS), karena sungai sudah tidak dapat lagi di manfaatkan oleh warga, dan juga habitat yang ada di sungai sudah musnah, sungai yang ada di Merangin sudah keruh semua," ujar Bupati.

Sementara itu Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan SIK, dalam kata sambutan nya menyampaikan, menurutnya ujung tombak untuk menghentikan aktivitas PETI adalah Kepala Desa dan Camat, di karenakan merekalah yang lebih mengetahui wilayah nya yang di kerjakan oleh penambang PETI,

“Kegiatan ini sebenarnya sudah lama kami ingin menertip kan aktivitas ini, dan kami juga sudah memberikan himbauan kepada seluruh lapisan masyarakat, sudah banyak kami melakukan tindakan hukum namun tidak ada efek jera oleh si pelaku, kepala desa tidak koperatif dalam pemberantasan PETI, jika orang desa nya bermain pasti diketahui oleh kades, dan jika orang luar dari desa juga sudah pasti diketahui, namun mereka tidak dapat berbuat untuk mencegah aktivitas tersebut, jami dari Polres Merangin siap mendukung dalam pencegaha aktivitas PETI, dan kami juga siap menindak lanjuti proses hukum,” kata Kapolres Merangin.

Hal senada juga disampaikan oleh Dandim 0420/Darko Letkol. Inf. Tomy Radya Diansyah Lubis, menurutnya ujung tombak untuk menghentikan aktivitas PETI adalah Kepala Desa dan Camat, di karenakan merekalah yang lebih mengetahui wilayah nya yang di kerjakan oleh penambang PETI.

"Dengan marak nya aktivitas PETI, telah banyak menimbulkan ke hancuran di beberapa lahan dan sungai yang ada diMerangin, dalam hal ini apa pun bentuk dan keputusan yang telah di sepakati bersama kami siap untuk membantu memberantas aktivitas PETI ini,” tandasnya.

(Umar Khatab)


Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre