Breaking News

Resmikan Monumen Cakra, Pangkoarmada II : Jadi Inspirasi Prajurit Meningkatkan Profesionalisme

Surabaya, Figurnews.com

Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P,M.Tr.(Han) meresmikan Monumen Cakra, yang menjadi ikon baru di Koarmada II pada Rabu, (27/10/2021). Berada tepat di depan pintu masuk sisi selatan gedung Lounge Majapahit, Monumen Cakra sebelumnya telah mengalami pemugaran hingga terlihat lebih megah saat ini. 

Dalam sambutannya, Pangkoarmada II mengungkapkan jika keberadaan Monumen Cakra diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi prajurit Koarmada II untuk lebih meningkatkan profesionalisme dan kualitas pengabdian mereka.Dimana hal tersebut tersirat dari bentuk Cakra yang sarat akan makna penting. “Cakra adalah sebuah senjata yang memiliki arti penting bagi Koarmada II sebab lambang Cakra tidak lepas dari sejarah lahirnya Armada Republik Indonesia. Dimana seiring waktu saat ini armada RI terpecah menjadi tiga yaitu Koarmada I, Koarmada II, dan Koarmada III,” ujar Laksda Iwan.

Tidak hanya itu, menurut Laksda Iwan arti Cakra yang dalam Bahasa Sanskerta berarti Cakram atau roda mengandung makna keseimbangan perputaran roda kehidupan. Sehingga hidup menjadi dinamis. Dan sebagai senjata sakti Dewa Wisnu dalam Agama Hindu, Cakra merupakan senjata yang dalam membela kebenaran dan keadilan serta diyakini ampuh bagi siapa saja yang berpihak pada kebajikan.

Sementara itu roda pada Cakra yang  memiliki delapan gigi berupa Obor, Laksda Iwan menjelaskan bila pada ketentuan tentang lambang Koarmada ke delapan obor tersebut memiliki arti masing-masing yang mewakili kekuatan manusia. “ Yaitu tulus ikhlas, perilaku terpuji, pancaran mata yang tajam, komunikatif, siaga waspada , daya pikir, keputusan yang tepat dan keyakinan yang kuat,” jelasnya.

Selanjutnya di tengah Cakra ada Trisula yang merupakan senjata Dewa Neptunus dan melambangkan tiga unsur kemampuan pokok Koarmada yakni Di atas permukaan laut, Di bawah permukaan laut, dan di udara. “ Secara keseluruhan arti dari simbol Cakra dan Trisula adalah menggambarkan bahwa Koarmada sebagai bagian integral TNI  AL dengan segenap komponen SSAT, siap menghadapi ancaman terhadap kedaulatan NKRI di seluruh perairan yurisdiksi nasional,” tandas orang nomor satu di Koarmada II ini.

Turut hadir dalam acara peresmian Monumen Cakra antara lain Kaskoarmada II, Irkoarmada II, Kapoksahli Koarmada II, serta para Asisten Pangkoarmada II dan Kasatker Mako Koarmada II.


(Pen2)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre