Breaking News

 


Posyandu Sayang Ibu Nagari Situmbuak Dinilai Tim Provinsi Sumatera Barat

 

Tanah Datar, Figurnews.com - Setelah unggul di Tanah Datar dan masuk nominasi enam besar dari hasil penilaian ekspos yang telah disampaikan kader Posyandu Sayang Ibu Nagari Situmbuak Esil Vanora beberapa waktu lalu, kali ini posyandu tersebut dilakukan penilaian dan verifikasi lapangan oleh Tim Penilai Lomba Kader Posyandu Berprestasi Terintegrasi BKB dan PAUD Tingkat Ptovinsi Sumatera Barat tahun 2021.

Tim yang turun melakukan verifikasi lapangan sekaligus memberikan penilaian itu didampingi Bupati Tanah Datar yang diwakili Kepala Dinas PMDPPKB Nofenril, Anggota DPRD Azwar Rabain, Wakil Ketua TPPKK Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian, Pengurus TPPKK Kabupaten, Camat Salimpaung Heru Rahman, Wali Nagari Situmbuak dan Forkopimca serta Ketua TPPKK Kecamatan Salimpaung itu sebelumnya disambut siriah carano, Selasa (26/10/2021) di halaman kantor wali nagari setempat.

Dalam ekspos ketua Pokja Posyandu Nagari Situmbuak yang disampaikan Yelsi Besra, di Nagari Situmbuak terdapat empat posyandu di empat jorong yaitu Jorong Patir Posyandu Mesra dengan 22 sasaran klasifikasi Madya, Jorong Bodi Posyandu Tunas Harapan 27 sasaran klasifikasi Madya, Jorong Piliang Posyandu Kasih Ibu 38 sasaran klasifikasi Madya dan Jorong Tigo Niniak Posyandu Sayang Ibu dengan 13 sasaran, 13 BKB dan 13 PAUD dengan klasifikasi Purnama.

Sementara untuk gedung posyandu, BKB dan PAUD Terintegrasi sudah dibangun oleh Nagari diperuntukkan untuk kegiatan posyandu dan lainnya, dengan SDM kader posyandu sebanyak 20 orang, kader BKB 6 orang, pendidik PAUD 4 orang, Bidan Desa 1 orang dan Petugas KB 3 orang.

Untuk keterlibatan PKK dikatakan Yelsi mulai dari TPPKK kabupaten, kecamatan dan nagari, adanya kelompok kerja operasional posyandu, bagi keluarga sasaran yang tidak bisa datang pada hari buka posyandu maka dilakukan kunjungan rumah oleh kader posyandu, penyuluhan dan himbauan posyandu untuk tumbuh kembang anak melalui pertemuan ditingkat nagari dan kegiatan Batagah pada hari Jum’at serta pertemuan melalui kelompok Dasawisma.

Kegiatan inovasi selama masa pandemi Covid-19 posyandu tetap dilaksanakan sesuai jadwal hari buka posyandu terintegrasi BKB dan PAUD dengan protokol kesehatan yang ketat.

Upaya dalam peningkatan pendapatan keluarga adanya kegiatan pembuatan masker dengan hiasan sulaman kapalo samek, pembuatan masker balita, penyuluhan budikdamber, penyuluhan kelas ibu hamil dan kegiatan usaha tambahan dengan manyulam kapalo samek yang diajarkan di posyandu. (SUTAN)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre