Breaking News

 


Persit Cabang LXXIV Dim 0319 Mentawai Peringati Hari Batik Nasional

 

Foto: Ny. Dian Andrianto, Ketua Persit bersama Persit KCK LXXIV Dim 0319 Mentawai di Aula Makodim 0319 Mentawai. Sabtu, (02/10/2021).

MENTAWAI. FN- Memperingati Hari Batik Nasional, Persit Cabang LXXIV Dim 0319 Mentawai membatik bersama secara virtual. 

Menurut Ketua Persit KCK LXXIV Dim 0319 Mentawai, Ny. Dian Andrianto bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari batik nasional pada 02 Oktober 2021 ini. 

"Kita melaksanakan membatik bersama dengan serentak secara virtual di seluruh Indonesia, tidak hanya persit juga termasuk Dharma Pertiwi," ujar Ny. Dian Andrianto kepada figurnews.com di Aula Makodim 0319 Mentawai. Sabtu, (02/10/2021). 

Acara membatik itu lanjutnya sesui petunjuk Dharma Pertiwi bagi Persit untuk membuat Sal Persit. Untuk proses pembatikan sendiri melalui beberpa tahapan yakni, mengambar pola, mencanting dan pewarnaan pada kain. 

Kegiatan membatik jenis batik tulis itu dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga selesai. Akan tetapi untuk tahapan membatik sendiri menghabiskan waktu hingga 1 minggu. 

"Untuk menggambar pola saja bagi yang telah profesional bisa tiga hari, namun bagi pemula bisa satu minggu," tambah Ny. Dian Andrianto. 

Ia berharap karena batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia, supaya dapat dilestarikan sesui motif dengan budaya di daerah, seperti motif batik budaya Mentawai. Diantaranya, motif Uma, Tato Mentawai, Sosok Sikerei dan motif lain terkait Budaya Mentawai. 

"Semoga kedepan batik ini terus dilestarikan, dengan berbagai filosofi dan motif budaya daerah setempat," tutup Ny. Dian Andrianto. (ev)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre