Breaking News

Pemkab Tanah DatarJajaki Kerjasama Dengan Fakultas Pertanian Unand

 

Tanah Datar, Figurnews.com - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menjajai kerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang. Kerjasama tersebut dilakukan Pemkab Tanah Datar saat menerima Tim Fakuktas Unand Padang, Kamis (28/10/2022) di aula eksekutif Kantor Bupati setempat.

Kepala Dinas Pertanian Yulfiardi berharap dengan adanya kerjasama ini, akan menghasilkan varietas padi unggul nasional seperti cisokan dan sijunjuang. 

“Dengan penerapan teknologi, produksi padi yang menurun pada 5,2 ton per hektar, bisa meningkat lagi mencapai 7 atau 8 ton per hektar dengan indeks panen juga meningkat 3 atau 4 kali pertahun, pada saat ini indeks panen hanya 2,7 pertahun,” ujarnya. 

Yulfiardi juga menyampaikan permasalahan efisiensi tanam sayuran yang rendah. “Permasalahan efisiensi rendah karena banyak petani yang menggunakan pupuk kimia dan pestisida berlebihan, maka diperlukan peran teknologi untuk meningkatkan efisiensi tanam sayur," katanya. 

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian, Indra Dwipa menyampaikan kesiapannya mandampingi dan membantu mengatasi masalah-masalah pertanian yang ada di Tanah Datar. 

"Kami siap membantu pengembangan pertanian ke depan, baik dalam hal teknis operasional di lapangan maupun dalam menentukan kebijakan-kebijakan tertentu yang berkaitan dengan pengembangan pertanian,” katanya. 

Kemudian disebutkan Indra Dwipa, hal pertama yang harus dilakukan untuk mencapai target panen 3 sampai 4 kali per tahun adalah mengidentifikasi permasalahan, kemudian menindaklanjuti dalam penyelesaian masalah. 

“Kalau untuk mencapai target peningkatan jumlah panen, langkah yang harus dilakukan adalah menyiapkan pembenihan, pengadaan sarana dan prasarana seperti distribusi pengairan,  teknologi pertanian, sampai ketersediaan pupuk organik sebagai pengganti pupuk kimia,” kata Indra. (Pro/SUTAN)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre