Breaking News

 


KaDishub Sahrudin : Ayo Kir Kendaraan Anda

 

Sarolangun (Jambi), Figurnews.com- Sahrudin SE, Kepala Dinas Perhubungan (KaDishub) Kabupaten Sarolangun menghimbau para pemilik mobil, perusahaan dan pemerintah agar melakukan Pengujian Kendaraan bermotor (Kir).


Kir kendaraan bermotor bertujuan untuk menjamin keselamatan teknis dan menjaga kelestarian lingkungan dari kemungkinan pencemaran akibat kendaraan bermotor. 

"Kami menghimbau kepada para pemilik mobil, perusahaan atau pemerintah untuk melakukan kir kendaraan bermotor, agar keselamatan pemilik atau pengendara terjamin secara teknis dan menjaga kelestarian lingkungan dari kemungkinan pencemaran yang ditimbulkan akibat kendaraan bermotor," kata Sahrudin, Senin (11/10). 

Sahrudin menyebut UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Kabupaten Sarolangun Kabupaten Sarolangun siap melayani masyarakat, UPTD PKB 

merupakan salah satu unit pelaksana teknis daerah di bawah Dinas Perhubungan Kabupaten Sarolangun yang beralamat di Jalan Lintas Sumatera KM 07 Sungai Abang Sarolangun. 

UPTD PKB Kabupaten Sarolangun mempunyai visi terwujudnya sistem pelayanan pengujian kendaraan yang profesional, responsif, inovatif, mudah dan akuntabel. 

Lanjut Sahrudin, Kir adalah serangkaian kegiatan menguji dan atau memeriksa komponen kendaraan bermotor dalam rangka pemenuhan persyaratan teknis dan laik jalan. 

Kendaraan bermotor wajib uji adalah mobil penumpang umum, mobil bus dan kereta tempelan. 

Pengujian dilakukan setiap enam bulan sekali, dibuktikan dengan bukti lulus uji elektronik (BLUE) smart card. 

Waktu pelayanan pengujian di UPTD PKB Sarolangun adalah setiap hari jam kerja,  senin hingga kamis pukul 08.00-16.00 WIB dan pada hari Jumat mulai pukul 08.00 hingga 11.00 WIB dengan berkas persyaratan foto copy KTP, foto copy STNK, buku/kartu uji dan SRUT (Uji berkala). 

Karena begitu penting dan bermanfaatnya kir kendaraan, selain untuk diri sendiri dan lingkungan, diharapkan masyarakat tidak menunda-nunda melakukan kir kendaraannya.  

"Ayo kir kendaraan Anda," seru Kadis Sahrudin. 

Terkait kir kendaraan bermotor di lingkup Pemkab Sarolangun, Asisten Pemerintahan (A1) Arief Ampera berharap bagi pegawai yang memakai mobil dinas Pemerintah Kabupaten Sarolangun agar melakukan kir kendaraan, menurutnya selain untuk keselamatan pengendara, penumpang dan kendaraan, Kir merupakan suatu kewajiban.

"Saya harap kepada seluruh rekan- rekan yang memakai mobil dinas Pemerintah Kabupaten Sarolangun yang digunakan untuk operasional untuk melakukan kir kendaraan, terutama mobil bak, karena ini bukan saja untuk keselamatan pengendara dan penumpang serta keselamatan mobil, Kir Kendaraan merupakan salah satu kewajiban dalam mematuhi peraturan pemerintah," kata Arief Ampera. (AF)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre