Breaking News

 


Bupati Tulang Bawang Lampung Launching Program Bedah Rumah



TULANG BAWANG (LAMPUNG), FIGURNEWS.COM-Bupati Tulang Bawang Provinsi Lampung Dr. Hj. Winarti, SE MH menyerahkan Bantuan Langsung Masyarakat realisasi 25 Program BMW Tahun 2021 kegiatan Bedah Rumah sebanyak 28 Unit untuk wilayah Kecamatan Penawar Aji, sekaligus melakukan peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan Bedah Rumah secara simbolis, bertempat di Kampung Suka Makmur Penawar Aji pada Rabu 6 Oktober 2021. 

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat dalam hal mengurangi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan Pemenuhan Program Nasional Pembangunan Sejuta Rumah, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang memberikan kuota bantuan Bedah Rumah sebanyak 66 unit melalui dana APBD Tahun Anggaran 2021 yang tersebar di 5 Kecamatan 9 Kampung/Kelurahan di Kabupaten Tulang Bawang.  

Terhitung Jumlah bantuan Bedah Rumah dari tahun 2018 samapai tahun 2021 sebanyak 1.427 unit. Dengan rincian Dana APBN 1.101 Unit dan Dana APBD 326 Unit. 

Dijelaskan, bantuan Bedah Rumah adalah bantuan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk meningkatkan keswadayaan dan gotong-royong dalam pembangunan rumah tidak layak huni agar menjadi layak huni dengan memenuhi kriteria kesehatan, keselamatan dan kecukupan ruang. 

Dalam pelaksanaan program Bedah Rumah ini, Koordinator Fasilitator dan Tenaga Fasilitator Lapangan dibantu oleh Tim Teknis yang terdiri dari unsur Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Camat dan Kepala Kampung harus mampu membangun hubungan yang baik dengan masyarakat, dan dalam pelaksanaan dilapangan juga tetap harus mematuhi aturan yang telah ditetapkan, serta mampu menjaga nama baik Kabupaten Tulang Bawang. 

Adapun prinsif dari kegiatan ini yaitu masyarakat sebagai pelaku utamanya, pengungkit keswadayaan masyarakat, Tenaga Fasilitator Lapangan sebagai pendamping masyarakat dan Koordinator Fasilitator yang mengkoordinir TFL tersebut. 

Selain itu, prinsif dari kegiatan ini pula adalah tidak diperkenankan ada pungutan ke masyarakat yang menerima bantuan dan tidak ada interfensi oleh siapapun kepada kelompok masyarakat penerima bantuan dalam memilih Toko Bangunan. 

Keberhasilan pelaksanaan Bedah Rumah Tahun 2021 dengan bantuan 66 unit bantuan merupakan pembuktian komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang kepada Pemerintah Pusat bahwa Kabupaten Tulang Bawang mampu melaksanakan Program Bedah Rumah di Tahun Anggaran yang akan datang dengan kuota bantuan yang lebih banyak. 

"Untuk itu saya mengharapkan kepada Bapak/Ibu sekalian, diharapkan Program ini dapat berjalan dengan baik dan lancar dan dapat bekerja dengan 3T yakni Tepat Waktu, Tepat Mutu dan Tepat Sasaran, "harap Bupati Tulang Bawang. 

Selain melakukan Launching Bedah Rumah, pada waktu dan tempat yang sama Bupati Tulang Bawang juga memberikan Santunan Kematian kepada 13 ahli waris dan Santunan Anak Yatim realisasi Program BMW sebanyak 25 orang. 

Program BMW ini direalisasikan setiap tahun disetiap Kecamatan oleh Bupati sebagai bentuk perhatian dan kepeduliannya kepada masyarakat dan Anak Yatim di Kabupaten Tulang Bawang.

(Saparudin Balga)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre