Breaking News

 


Bupati Cek Endra Serahkan 105 Sertipikat Tanah Objek Reforma Agraria tahun 2021 kepada Suku Anak Dalam Sarolangun

 

SAROLANGUN - Figurnews.com-Bupati Sarolangun Drs. H. Cek Endra menyerahkan secara langsung 105 sertipikat redistribusi tanah objek reforma agraria tahun 2021 seluas 23 hektar dari pelepasan kawasan hutan produksi kepada warga Suku Anak Dalam (SAD) di dusun 3 Trans SAD Desa Sepintun Kecamatan Pauh Kabupaten Sarolangun, Selasa (26/10). 

Sertipikat tanah yang diberikan ini adalah pelepasan kawasan hutan yang bertujuan untuk mengurangi konflik sosial di masyarakat dan menjamin kepastian hukum berupa sertipikat hak atas tanah. 

"Alhamdulillah hari ini kita melalui kantor Pertanahan Sarolangun menyerahkan 105 persil  sertipikat redistribusi tanah objek reforma agraria (Tora) tahun 2021 seluas 23 hektar untuk 100 kepala keluarga yang merupakan pelepasan  kawasan hutan di daerah suku anak dalam (SAD) Sepintun," kata Bupati Cek Endra. 

Bupati Cek Endra menaruh kesan istimewa bisa menyerahkan langsung Sertipikat Tora ini karena merupakan yang pertama di provinsi Jambi. 

"Saya sudah sampaikan sebelumnya, khusus untuk Sertipikat trans suku anak dalam, saya serahkan langsung, karena ini yang pertama di Provinsi Jambi, ini sangat bermanfaat bagi masyarakat," tambah Bupati. 

Bupati menyebut ini bisa dikembangkan di daerah lainnya karena kondisi seperti ini banyak di Sarolangun, seperti di Kecamatan Limun dan Kecamatan Air Hitam, yang mendiami hutan produksi, ternyata bisa diurus menjadi lahan sertipikat dengan melakukan sistem objek Tora ini. 

Bupati menghimbau kepada masyarakat yang sudah lama bercocok tanam di hutan produksi untuk mengurus sertipikat dengan skema hutan kemasyarakatan atau hutan tanaman rakyat.

"Urus lah, baik dengan skema hutan kemasyarakatan atau hutan tanaman rakyat, karena sekarang diperbolehkan, sehingga legalitas lahan dan kebun masyarakat betul betul terjamin tidak perlu takut lagi dengan kejaran aparat hukum karena sudah memenuhi syarat dan ketentuan hukum yang dikeluarkan oleh bapak Presiden, hal ini sangat luar biasa," himbau Bupati. 

Mudah mudahan ini menjadi "Pilot Project" bagi BPN dalam memperhatikan daerah-daerah seperti ini, kita harus teruskan program seperti ini agar masyarakat yang mendiami hutan produksi memiliki sertipikat," harap Bupati Cek Endra. (AF)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre