Breaking News

 


BUMNag Baringin Saiyo Dapat Bantuan 18 Ekor Sapi

 

Tanah Datar, Figurnews.com 

Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Baringin Saiyo Nagari Baringin Kecamatan Lima Kaum menerima bantuan pemeliharaan sapi pedaging yang diserahkan diuala Kantor Wali Nagari setempat, Kamis (28/10/2021).

Wali Nagari Baringin Irman Idrus mengungkapkan, BUMNag Baringin Saiyo yang berdiri 2016 lalu telah berkembang baik dan telah bergerak dalam berbagai bidang usaha, seperti usaha jual beli, bidang perbankan dan bidang peternakan. “Tahun 2021 ini disepakati, Pemerintah Nagari mengucurkan dana sekitar Rp240 juta untuk mendukung pelaksanaan program BUMNag Bermitra Kerja dengan masyarakat untuk pemeliharaan sapi pedaging,” ungkapnya. 

Dikatakan Irman lagi, program kemitraan yang bertujuan memberdayakan masyarakat beternak sapi pedaging juga diharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat. “Dalam program kemitraan ini ada 18 ekor sapi pedaging yang akan dikelola 14 orang peternak yang tersebar di 5 jorong di Nagari Baringin. Sekiranya program ini berjalan baik, Insya Allah akan kita lanjutkan di tahun mendatang,” ungkap Irman.

Direktur BUMNag Baringin Saiyo Indra Sanjaya menyampaikan, peternakan dan pengembangan sapi pedaging menjadi program utama di tahun 2021. “Program pengadaan sapi pedaging membutuhkan dana Rp239.750.000 ini menjadi salah satu program utama kita. Insya Allah akan panen 4 tahun dengan sistem pembagian laba 60% untuk BUMNag dan 40% untuk peternak,” katanya. 

Seperti tujuan BUMNag Baringin Saiyo ini, tambah Indra, sekiranya berjalan baik akan dicoba untuk dikembangkan juga sapi peternak atau sapi yang berkembang biak. “Ada 3 tujuan utama kita, yakni menyejahterakan masyarakat nagari, menciptakan lapangan kerja dan menyumbang PAD untuk nagari. Karena mohon bantuan obat-obatan dan bimbingan dinas terkait, agar program ini berhasil sehingga masyarakat juga sejahtera,” ungkap Indra.

Kegiatan turut dihadiri Kadis PMDPPKB Nofenril, Kadis Pertanian Yulfiardi, Camat Lima Kaum Hendra Setiawan dan undangan lainnya. (Pro/SUTAN)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre