Breaking News

 


Bukti Pengelolaan Keuangan Yang Baik, Sarolangun Raih WTP 5 Tahun Berturut-turut

 

Bupati Sarolangun Meneriman Penghargaan WTP

Sarolangun (Jambi), Figurnews.com- Bupati Sarolangun Cek Endra menerima secara langsung sertifikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah tahun 2020 dan penghargaan khusus berupa tropi atas WTP 5 tahun berturut-turut, dari tahun 2016 hingga tahun 2020.

Sertifikat WTP dan penghargaan khusus tersebut diberikan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia (RI) melalui Kepala 

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jambi selaku perwakilan Kementerian Keuangan RI di daerah, kamis (28/10) di rumah dinas Bupati Sarolangun Provinsi Jambi. 

Penyerahan Piagam Opini WTP kepada Pemerintah Kabupaten Sarolangun dibarengi pemaparan Sinergi Percepatan Realisasi Belanja Kepada Pemda Sarolangun oleh Kepala Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jambi,  Supendi. 

Supendi mengatakan laporan keuangan Pemkab Sarolangun telah diaudit oleh BPK dengan memperoleh opini wajar tanpa pengecualian (WTP), ini bukti bahwa pengelolaan keuangan dilakukan sesuai dengan ketentuan dan pengendalian interen sudah dilaksanakan dengan baik sesuai standar akuntansi keuangan pemerintah. 

"Laporan keuangan tahun 2020 memang ada temuan-temuan tapi tidak signifikan (tidak material) dan dapat ditolerir, sehingga tim audit menyatakan opini wajar tanpa pengecualian," kata Supendi

Atas prestasi WTP 5 tahun berturut-turut ini Pemkab Sarolangun diberikan penghargaan khusus, Kementerian keuangan berharap opini WTP ini dapat dipertahankan dan laporan keuangan ke depannya agar selalu WTP. 

"Dikarenakan Pemkab Sarolangun mempunyai prestasi gemilang dengan meraih WTP selama lima tahun berturut-turut, Kementerian Keuangan memberikan penghargaan khusus berupa tropi, semoga prestasi ini dapat dipertahankan dan ke depannya selalu WTP," harap Supendi.

Supendi menyebut tropi ini diberikan kepada daerah yang memperoleh WTP dalam kelipatan lima tahun berturut-turut, 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun dan seterusnya dan di Jambi yang tertinggi adalah Pemerintah Provinsi Jambi.

"Di Provinsi Jambi yang terbanyak WTP adalah Pemerintah Provinsi Jambi, yang kita akui sebanyak 6 tahun berturut-turut, sekali saja gagal memperoleh opini WTP, hitungannya kembali ke nol lagi, makanya harus dipertahankan," terang Supendi. 

Terkait temuan-temuan dan rekomendasi audit tahun-tahun sebelumnya, Supendi menyebut Pemkab Sarolangun cukup patuh, ini juga merupakan kriteria penilaian untuk mendapatkan opini WTP tahun 2020. 

Ketika diwawancarai awak media, Bupati Cek Endra mengatakan bersyukur atas prestasi yang luar biasa ini hingga kementerian keuangan memberikan penghargaan khusus.

"Kita bersyukur Kabupaten Sarolangun mendapat opini WTP lima tahun berturut-turut, dari tahun 2016 sampai 2020. Ini prestasi yang sangat luar biasa, ini bukti bagaimana konsistennya Pemkab Sarolangun melakukan pengelolaan keuangan secara baik, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan," kata Bupati. 

Bupati menyebut prestasi ini harus dipertahankan dan upaya meraih WTP ini bukan hanya untuk mendapatkan insentif dari kementerian keuangan, tapi karena tertib administrasi dan pencatatan dan pelaporan keuangan adalah wajib dilakukan. 

"Prestasi ini harus dipertahankan dan terus dilanjutkan, bukan hanya insentif yang kita harapkan tapi tertib administrasi, pencatatan dan pelaporan keuangan wajib bagi pemerintah daerah," ucap Bupati. 

"Ke depan, bersama OPD terkait kami akan tetap konsisten bagaimana meningkatkan kinerja di bidang pelaporan keuangan ini, terutama internal audit sehingga pengelolaan keuangan semakin baik," tutup Bupati Cek Endra. (AF)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre