Breaking News

 


Bukik Tandang Miliki Potensi Budidayakan Kacang Tanah

 


Solok Kota ,Figur news .com -

“Melihat dari tekstur tanah di Bukit Kandang Tabuah, Kelurahan Tanah Garam, sangat baik untuk tanaman alternatif selain tanaman padi, seperti kacang tanah, jagung dan kedelai,” demikian diungkapkan oleh Koodinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Lubuk Sikarah Rahmad Yendi, SP saat meninjau dan melakukan identifikasi potensi wilayah bersama petani kacang tanah pada Senin (18/10/2021).

“Selain itu ini merupakan kunjungan rutin sekaligus untuk memberikan imbauan kepada petani agar terus melakukan budidaya kacang tanah secara intensif. Dan melakukan pengembangan lahan dengan bekerjasama dengan kelompok tani dan pelaku usaha sehingga produksi kacang tanah dapat ditingkatkan dan pendapatan petani bertambah sehingga petani sejahtera,” ungkapnya.

Saat ini di Bukit Kandang Tabuah sedang giatnya pembudidayaan kacang tanah seperti halnya yang dilakukan oleh salah satu petani yang menanam kacang tanah dengan luas 0,5 Ha. Untuk luas lahan sebanyak itu petani hanya membutuhkan bibit sebanyak 20 sukat, di sini sukatan tersebut yaitu terbuat dari kaleng roti. Untuk satu sukat dihargai Rp. 18.000, dengan masa pemeliharaan dari tanam sampai panen mencapai 4 bulan.

Bercocok tanam di kawasan perbukitan menjadi salah satu kendala bagi petani, banyaknya hama dan hewan pengganggu terutama babi dan kera yang selalu menjadi ancaman untuk tanaman kacang. Jika tanaman kacang tanah dibiarkan atau tidak dijaga oleh petani akan berdampak kepada gagal panen sehingga mengharuskan petani berjaga di lokasi kebun kacang setiap siang dan malam.

Dalam hal pengendalian hama untuk kacang tanah, petani masih menggunakan cara alami mempertahankan tradisi kearifan lokal setempat dengan menjaga keseimbangan lingkungan dan sopan santun serta tidak melanggar habitat yang ada.

Untuk mendapatkan bibit yang berkualitas sangat penting sebelum melakukan tahapan budidaya selanjutnya, karena bibit adalah faktor penting yang mempengaruhi hasil panen suatu tanaman. Pemilihan bibit yang tepat dapat memudahkan perawatan dan memberikan hasil panen yang berlimpah. Hal ini berlaku untuk budidaya tanaman apapun, termasuk budidaya tanaman kacang tanah.

Sebagai penyuluh kami menyarankan untuk memilih bibit atau melakukan seleksi kacang tanah yang akan dijadikan bibit, yaitu sudah berusia 100 hari dan jika dilihat dari segi bentuk kacang tanah yang bagus tersebut adalah berukuran besar, biasanya ukuran yang besar mempunyai daun yang lebar dan lebat serta lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit lainnya.

“Selain itu, bibit kacang tanah yang baik warnanya mulai kehitaman dan ketika dibuka bagian isinya sudah tidak memiliki selaput dan sebaiknya dilakukan penjemuran terlebih dahulu selama 4-5 hari tanpa membuka cangkang kacang tanah tersebut,” ungkapnya. (Ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre