Breaking News

Berikan Pembekalan Managemen Pembukuan LKMA Gapoktan Ikuti Pelatihan


Solok Kota ,Figur news .com -

Guna membekali pengurus Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKMA) dalam manajemen pembukuan, 10 pembuku di Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) kota Solok mengikuti pelatihan yang digelar oleh Dinas Pertanian pada Kamis (21/10/2021) bertempat di Aula Dinas Pertanian Kota Solok.

Kepala Dinas Pertanian Kota Solok Ikhvan Marosa menyampaikan bahwa, “pentingnya pembukuan keuangan agar LKMA berjalan dengan baik. “LKMA merupakan program pusat yang bertujuan untuk membantu petani dan LKMA ini akan dievaluasi secara berkala”.

Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKMA) merupakan program dari Kementerian Pertanian RI yang bertujuan untuk membantu petani dalam permodalan usaha pertanian melalui Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

Gapoktan dituntut membentuk LKMA untuk menyalurkan kredit ini. Saat ini, Kota Solok telah mempunyai 10 LKMA yang ada pada 10 Gapoktan. LKMA diharapkan menjadi “bank mini” bagi petani jika membutuhkan permodalan usaha pertanian. Pelatihan pembukuan keuangan diberikan kepada 10 pembuku pada masing-masing LKMA di Kota Solok.

Selaku pemateri Heni Karmila, menyampaikan tentang sistem kerja LKMA. “Jika modal kita belum berkembang sebaiknya pengurus tidak terlalu banyak agar lebih efesien dalam bekerja, yang terpenting masing-masing pengurus LKMA mengetahui tugas utamanya dan saling membantu jika ada pengurus yang membutuhkan,”

Pada pelatihan tersebut selain dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Solok Ikhvan Marosa, juga turut hadir Kepala Bidang Penyuluhan Zeldi Efiza dan Kepala Seksi Kelembagaan selaku penyelenggara. Selaku narasumber yakni Heni Karmila dan Syaiful Hadi, Penyuluh Pertanian dan Pendamping LKMA dari Kabupaten Lima Puluh Kota yang berhasil membina LKMA sehingga mendapat apresiasi dari Otoritas Jasa Keuangan RI. (Ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre