Breaking News

 


Belasan Sapi P2DK Desa Semurung Berkembangbiak dan Sudah Digulirkan


Sarolangun (Jambi), Figurnews.com- Ternak sapi program Percepatan Pembangunan Desa (P2D) yang lebih dikenal dengan program ekonomi Percepatan Pembangunan Desa dan Kelurahan (P2DK) di Desa Semurung Kecamatan Air Hitam sudah berkembangbiak dan telah digulirkan kepada warga yang membutuhkan.

16 ekor induk sapi dari dana P2DK tahun 2019 Desa Semurung Kecamatan Air Hitam ini sudah berkembang biak, dan semakin banyak  warga mendapatkan bantuan dan menikmati manfaatnya, dana ini bersumber dari APBD Kabupaten Sarolangun. 

"Ternak sapi P2DK Desa Semurung tahun 2019 sudah beranak, dan telah kita gulirkan kepada warga desa yang membutuhkan bantuan ini," kata Kades Semurung Arpandi, Senin (4/10/2021) saat monitoring dan evaluasi Camat Air Hitam Bustra Desman ke beberapa desa terkait pemanfaatan dana P2DK. 

Lanjut Kades, dikarenakan masyarakat sangat terbantu dengan ternak sapi, dana P2DK tahun 2020 To. 200 Juta juga dimanfaatkan untuk pengadaan induk sapi sebanyak 14 ekor dan 3 ekor induk sapi sudah beranak dan yang lainnya sudah bunting. 

Begitu pun pemanfaatan dana P2DK tahun 2021 dengan dana Rp. 100 Juta, digunakan membeli sapi betina sebanyak 9 ekor yang sudah diserahterimakan kepada warga yang membutuhkan dengan sistem gaduhan bergulir. 

"Ternak sapi P2DK ini sangat diminati masyarakat karena sangat membantu, setelah sapi berkembang biak dapat menjadi sumber penghasilan warga. Maka tahun 2020 kita sepakati membeli 14 ekor sapi betina, sekarang  3 ekor sapi sudah beranak dan yang lainnya sudah bunting, sebagian dana dimanfaatkan untuk ketahanan pangan sesuai petunjuk Bupati Cek Endra," terang Kades Arpandi. 

"Dana P2DK  tahun ini kita manfaatkan untuk pengadaan sapi betina sebanyak 9 ekor dan Sudan kita serahterimakan dengan warga kita yang membutuhkan," ungkap Kades Arpandi. 

Seperti diketahui, bantuan P2DK sudah mendarahdaging di kehidupan masyarakat Kabupaten Sarolangun, begitu pun bagi masyarakat Desa Semurung, masyarakat sangat terbantu dan punya harapan penghasilan baru dalam mencukupi kebutuhan hidup dan peningkatan ekonomi keluarga. 

Masyarakat sangat berterima kasih dan berharap program ekonomi kerakyatan Bupati Cek Endra ini terus digelontorkan. 

"Kami mewakili masyarakat Desa Semurung sangat berterimakasih atas program Pak Bupati Cek Endra ini, kami berharap program ini terus digelontorkan karena sangat membantu masyarakat dalam menambah penghasilan dan meningkatkan ekonomi, apa lagi di saat banyaknya masyarakat mengalami kemerosotan ekonomi pada masa pandemi covid 19 ini," pungkas Kades Arpandi. (AF) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre